13 Juni 2017

Perkembangan Mesin Cuci Saat Ini

author photo
Berbicara mengenai Perkembangan Mesin Cuci Saat Ini, kami ingin menyebutkan kembali istilah jas merah - jangan melupakan sejarah. Iya, mesin cuci pun di dalam perkembangannya tentu saja menyimpan banyak sejarah. Dalam KBBI, disebutkan tentang arti dari "Mesin Cuci" sebagaimana uraian berikut ini.

Mesin termasuk kata benda alias noun - memiliki arti perkakas guna menggerakkan atau membuat sesuatu yang dijalankan menggunakan roda, digerakkan oleh tenaga manusia, atau motor penggerak menggunakan bahan bakar minyak atau tenaga alami, adapun kata "cuci" itu merupakan kata kerja alias verb, yaitu proses membersihkan sesuatu. Secara utuh, mesin cuci memiliki arti alat penggerak yang digunakan untuk mencuci atau membersihkan pakaian kotor.

Dengan dirancang khusus digunakan untuk membersihkan pakaian serta barang-barang tekstil lainnya semisal; sprei dan handuk, sarung yang kita pakai sholat - mesin cuci menggunakan media air yang dicampur dengan deterjen. Ada pula mesin cuci yang tidak menggunakan media air atau dikenal dengan istilah cuci kering (dry clean).

Di dalam literatur yang ada di internet, disebutkan bahwa sebelum masyarakat mengenal mesin cuci ketika akan membersihkan kain atau pakaian yang kotor maka jamak yang mendatangi sumber air; mereka datang ke kolam atau sungai.

Bisa dibayangkan masing-masing orang mencari bongkahan batu besar, lalu kain atau pakaiannya diletakkan di atas batu tersebut kemudian kain dan pakaian kotor mereka dicuci. Ada yang hanya mengucek-ngucek, ada pula yang membanting-bantingkan kain atau pakaian kotor yang tengah dicucinya pada batu yang tujuannya supaya yang kotor kembali bersih.

Dari kegiatan tersebut, orang-orang mulai menemukan ide serta gagasan menciptakan sebuah alat untuk mencuci. Maka ditemukanlah sebuah papan dengan permukaan bergerigi atau masyarakat Indonesia menyebutnya dengan istilah papan penggilesan.
Aktifitas mencuci menggunakan papan penggilesan
Aktifitas mencuci menggunakan papan penggilesan [internet]
Dan hingga hari ini pun, seiring berkembangnya teknologi mesin cuci - masih ada masyarakat yang merasa nyaman mencuci kain atau pakaian kotor menggunakan papan penggilesan.

Sejarah mencatat, mesin cuci untuk kali pertama diciptakan di Inggris, namun tidak diketahui siapa inventor-nya pada 1691. Bentuk dari mesin cuci tersebut disiarkan untuk konsumsi publika pada 1767.
Mesin cuci antik
Mesin cuci antik [internet]
Pada 1851 penemu yang bernama James King mengenalkan kepada publik mesin cuci dengan media tong. Mesin cuci tong ini untuk menggerakkannya masih menggunakan tenaga atau tangan manusia.

Barulah pada 1858, Hamiltan Smith mengenalkan sekaligus mematenkan penemuannya berupa mesin cuci yang mampu berputar. Lalu, mesin cuci temuannya tersebut dikembangkan dengan ditambah alat guna menggilas serta memeras kain atau pakaian kotor. Mesin cuci inipun dikembangkan oleh pakar teknologi lain, yaitu William Blackstone pada 1874.

Dan di saat era listrik sudah masuk di Amerika Serikat, ditemukan pula mesin cuci bertenaga listrik oleh Alfa J. Fisher. Kekurangan yang terdapat pada mesin cuci listrik disempurnakan oleh John W. Chamberlain pada 1930.

Chamberlain berhasil menciptakan mesin cuci yang sistematis nyaris sempurna. Ia berhasil membangun mesin cuci yang takhanya mampu mencuci bahkan mesin cucinya tersebut bisa membilas serta memeras kain atau baju kotor dalam sekali proses.

20 tahun kemudian, tepatnya pada pertengahan tahun 1950, mesin cucinya dilengkapi dengan alat pengering kain atau pakaian bersih setelah selesai dicuci.

Pada tahun 1957, sebuah perusahaan elektronik bernama General Electric (GE), mengenalkan mesin cuci dengan lebih moderen dan inovatif. GE mengklaim bahwa mesin cucinya sangat efektif untuk digunakan, salah satunya yaitu adanya fitur untuk mengatur suhu air di saat mesin sedang dalam proses membilas dan mencuci.

Semenjak itu, tidak saja GE - perusahaan elektronik lain pun bermunculan dan memasarkan mesin cuci. Mereka pun berlomba-lomba mengedepankan kelebihan dari mesin cucinya masing-masing. Di era digital seperti sekarang, memasarkan produk termasuk mesin cuci cukup melalui internet. Kemudahan ini tidak saja menyenangkan bagi perusahaan yang menjual mesin cuci tetapi pembeli pun merasa terbantu dengan adanya toko online atau hari ini jamak yang menyebutnya dengan marketplace.

Salah satu marketplace yang bisa pembaca kunjungi saat Anda berencana ingin membeli mesin cuci adalah Matahari Mall. Dengan Beli Mesin Cuci di MatahariMall.Com pembaca akan merasakan kemudahan memilih type dan besar atau kecil daya tampung yang sesuai dengan kebutuhan kita.
PANASONIC FRONT LOADING 7 KG NA-127VE5WNE
Mesin Cuci Moderen 2017 [foto: MatahariMall]
Selain itu, membeli mesin cuci dan pengering pakaian di toko mall online terbesar ini pun Anda bisa dengan mudah mengamati produk berdasarkan; barang terbaru, harga termurah serta produk yang tengah melakukan diskon. Menyenangkan, bukan? [w2/06-bp]

This post have 0 komentar

Bagi yang berminat, silakan berkomentar — Terima Kasih :)
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *