03 Februari 2017

17 Tips Mudah Shalat Tahajud

author photo
Rasulullah saw telah bersabda di dalam haditsnya yang artinya,“Sesungguhnya amal perbuatan itu harus dengan niat, dan setiap orang itu tergantung pada niatnya.” (Muttafaq Alaih)

Dan inilah 17 Tips Mudah Shalat Tahajud - insya Allah - kiat-kiat di depan akan membantu setiap muslim supaya bisa bangun di 1/3 malam yang akhir dengan mudah guna mengerjakan sholat sunnah tahajud.
  1. Jangan begadang. Sejak saat ini, cobalah untuk membiasakan tidur lebih awal. Jangan begadang untuk beberapa hal yang tidak penting. Dampaknya, mata kita menjadi sangat lelah sehingga susah untuk bangun di 1/3 malam.
  2. Amalkan adab sebelum tidur. Cobalah untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan beberapa adab sebelum tidur, seperti membiasakan berwudhu, sholat sunnah, berdzikir dan berdoa sebelum tidur. Dianjurkan agar tidak tidur dalam keadaan berhadats (terutama hadats besar), pasalnya ini dapat menjadikan diri kita malas saat hendak bangun malam.
  3. Janganlah merasa takut dengan bangun malam. Jamak terjadi pada setiap perasaan manusia timbulnya paranoid yang mengatakan bahwa bangun di 1/3 malam (untuk melakukan sholat tahajud) adalah tindakan yang berat. Justru mindset inilah yang akan memengaruhi pada niat serta tekad kuat guna mewujudkan amal shalih termasuk solat malam atau tahajud.
  4. Biasakan untuk ikhlas. Dengan selalu sumerah pasrah serta ikhlas, maka Allah akan senantiasa menjaga keikhlasan diri kita. Sehingga di saat kita berniat guna bangun malam serta melakukan sholat tahajud maka Allah akan meringankan amalan yang seolah-olah berat pada awalnya.
  5. Kenali dan sesuaikan waktu tidur. Apabila kita telah mengetahui waktu ideal atau kebiasaan lama tidur, maka kita bisa menentukan, "Pada pukul berapa untuk memulai tidur?" Sehingga kita mampu bangun tepat waktu di 1/3 malam. Dan apabila terdapat tugas yang bisa dikerjakan, bisa segera diselesaikan sehingga akan membuat tenang di pagi harinya. 
  6. Lakukan tidur siang. Saat berniat akan melakukan shalat tahajud, persiapan yang bisa ditempuh salah satunya adalah dengan melakukan tidur siang. Dengan begitu, akan membuat diri kita lebih mampu untuk bangun malam dan melaksanakan ibadah tahajud.
  7. Pasang alarm. Sekalipun sudah tidur siang tapi tidak ada salahnya kita mengantisipasinya dengan memasang alarm. Untuk itu, silakan Anda letakkan alarm pada tempat yang sesuai keinginan Anda.
  8. Koordinasi dengan beberapa teman. Upaya selanjutnya agar mampu bangun malam adalah berkoordinasi sesama rekan yang juga berniat akan sholat tahajud. Lakukan atau bentuk program tahajud missed-call bareng beberapa teman. Semakin banyak semakin baik, bukan?Lakukan program ini secara berkesinambungan dan tentu saja sesuai dengan kesepakatan bersama. Silakan buat jadwal piket; siapa saja yang kena giliran bertugas membangunkan untuk ibadah sholat malam.
  9. Buatlah alur kerja di siang hari seefektif mungkin. Upaya lain yang bisa Anda lakukan saat berniat sholat tahajud di malam harinya adalah dengan mengatut kegiatan kita pada siang hari. Kita atur agar bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Tujuannya agar di malam hari kita tidak kelelahan yang membuat susah untuk bangun yang pada akhirnya kitapun kesiangan melaksanakan sholat 1/3 malam. 
  10. Menanamkan kesadaran keseimbangan itu penting. Mulai hari ini kita bisa menanamkan kesadaran bahwa kebutuhan jasmani dan rohani itu haruslah seimbang (proporsional). Sehingga kita bisa membuat skala prioritas yang berimbang, bila perlu lebih mementingkan kebutuhan rohani.
  11. Banyak ingat akan besarnya keutamaan sholat tahajud. Langkah selanjutnya adalah dengan memotivasi diri agar semangat untuk bangun malam. Caranya dengan mempelajari dan mengingat bahwa keutamaan bangun malam dan melaksanakan sholat tahajud itu keutamaannya sangatlah besar. 
  12. Selalu merasa rindu bermunajat kepada Allah Swt. Dengan perasaan rindu maka akan tumbuh semangat dan berniat untuk bermunajat dan berkhalwat dengan Allah swt.
  13. Hindarilah maksiat. Kadar keimanan dan amal shaleh serta ibadah kita kepada Allah Swt. bisa rusak hanya karena berbuat maksiat walaupun hanya sedikit. Sufyan Ats-Tsauri menyebutkan, “Aku sulit sekali melakukan qiyamullail selama 5 bulan disebabkan satu dosa yang aku lakukan.” 
  14. Janganlah makan malam terlampau kenyang. Saat menjelang mau tidur, kebiasaan kita adalah mengisi perut atau makan malam. Dianjurkan bagi kita untuk makan sedikit saja sebab rasa kenyang malah memberikan dampak negatif yaitu; mengantuk serta malas.
  15. Buatlah kesepakatan dalam keluarga (melibatkan anak dan istri). Bagi Anda yang sudah berkeluarga dapat membuat kesepakatan dengan melibatkan anak dan isteri. Misalnya sama-sama sepakat untuk mengerjakan sholat tahajud berjamaah. Mekanismenya seperti dalam satu minggu mengerjakan sholat tahajud berjamaah sebanyak 3 kali. 
  16. Berdoa Mohon Dimudahkan dalam Bangun Malam. Kunci utama dari niat amal shalih adalah berdoa. Tanpa berdoa tidak bisa kita mengerjakan sesuatu dengan benar. Termasuk saat berniat mengerjakan bangun malam. Berdoa dan memohon kepada Allah Swt agar diberikan kemudahan bisa bangun malam serta melaksanakan sholat tahajud secara khusyuk dan tumaninah dan juga ikhlas. 
  17. Disiplinkan diri sendiri. Yang terakhir, apabila sudah mampu melaksanakan bangun malam kemudian sholat tahajud. Alangkah baniknya Anda perkokoh kebiasaan baik tersebut dengan disiplin. Buat semacam sanksi bagi diri sendiri, atau self-punishment. Misalnya, ketika Anda kebablasan atau kesiangan bahkan lupa tidak melaksanakan sholat tahajud. Ada sanksi yang sudah dibuat oleh diri kita sendiri. Misalnya; karena sudah lalai tidak bangun dan tahajud maka sanksinya WAJIB membaca Alqur'an sebanyak 2 juz. Dengan sanksi yang positif tentunya akan bermanfaat pula bagi diri kita. 
17 Tips Mudah Shalat Tahajud

Itulah 17 Tips Mudah Shalat Tahajud, semoga dengan mengetahui artikel di atas mampu membawa diri kita menjadi mudah bangun malam dan melaksanakan ibadah tahajud. Aamiin Yaa Rabbal'alamiin ...

Perlu diketahui, bahwa tips dan keutamaan sholat tahajud dalam artikel ini bukanlah bukanlah sebuah harga mati. Karena sesungguhnya, masih sangat banyak lagi keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalam sholat sunnah tahajud ini. Dan tentunya masih sangat banyak pula tips-tips yang dapat digunakan untuk memudahkan kita agar dapat bangun malam dan melakukan sholat sunnah tahajud.

Rasulullah saw telah bersabda di dalam haditsnya yang artinya,“Sesungguhnya amal perbuatan itu harus dengan niat, dan setiap orang itu tergantung pada niatnya.” (Muttafaq Alaih)

Untuk itulah mari kita kuatkan dan luruskan niat kita untuk senantiasa menegakkan dan mendawamkan sholat tahajud dengan ikhlas agar kita mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah swt. Amin

This post have 0 komentar

Bagi yang berminat, silakan berkomentar — Terima Kasih :)
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *