26 Januari 2017

[ceramah jumat] TIGA AMAL YANG PALING DAHSYAT

author photo
OLEH : AMAN

DI MASJID YUNUS (BANJAR SEHAT PANYABUNGAN)


Setiap amal yang kita kerjakan akan berpengaruh kepada wajah kita. Orang yang selalu hadir ke mesjid, maka Allah akan memancarkan cahaya masjid di wajahnya.

Sebaliknya orang yang gemar melakukan kemungkaran, maka Allah akan pancarkan wajah kemungkaran pada dirinya.

Oleh karena itu, mari kita selalu menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur dan beramal kebaikan, insya Allah cahaya keimanan dan ketaqwaan akan terpancar di wajah kita.

Di dalam hadits lainnya Rasulullah Saw bersabda sebagai berikut :

عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : أَشَدُّ الأَعْمَالِ ثَلاَثَةٌ : ذِكْرُ اللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ ، وَالإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَالْمُوَاسَاةُ فِي الْمَالِ

Dari Ja'far berkata : Rasulullah Saw bersabda : 3 amal yg paling dahsyat adalah :
  1. Zikir kepada Allah pada setiap waktu, 
  2. Adil terhadap diri sendiri 
  3. Gemar menyedekahkan harta

[ceramah jumat] TIGA AMAL YANG PALING DAHSYAT


Hadits tersebut menjelaskan bahwa ada 3 amal yang paling dahsyat/sangat berpoengaruh kepada kepribadian seseorang, sehingga Allah memberikan cahaya kepada dirinya :

[1] Zikir kepada Allah

Zikir kepada Allah di setiap waktu
Termasuk amal yang paling disukai Allah adalah adalah tetap ingat kepada Allah pada setiap waktu, pada saat diperjalanan ia ingat Allah, di rumah ia tetap ingat Allah, di lopo kopi ia juga tetap ingat Allah.

Pengertiannya ialah : ia tetap mendawamkan/melakuka amal rutin salat dan tetap zikir dimana saja berada. Ia takut kepada Allah jika ia berbuat kemungkaran, walaupun disekelilingnya tidak ada yang melihatnya. Ia tetap melakukan amal kebaikan walaupun dalam keadaan sunyi.

[2] Adil terhadap diri sendiri

Adil terhadap diri sendiri artinya : dia penuhi hak dan kewajiban terhadap dirinya sendiri. Di dalam diri kita ada hak untuk beribadah kepada Allah, maka kita harus melaksanakannya.

Jika kita mengabaikannya, maka kita tidak adil kepada diri kita. Allah telah menciptakan waktru 24 jam, maka yang harus kita lakukan adalah 8 jam untuk berusaha, 8 jam untuk istirahat dan 8 jam untuk beribadah.

Apakah kita sudah memenuhi kewajiban ibadah kita kepada Allah, apakah kita istirahat sesuai dengan tuntutan jasmani kita ?

[3] Gemar menyedekahkan harta 

Orang yg selalu menyedekahkan hartanya di jalan Allah akan mendapat ridonya, mendapat doa dari para malaikat dan doa para manusia.

Orang yang suka bersedekah sangat dekat dengan Allah, dekat dengan syurga dan jauh dari neraka. Sebaliknya orang yang kikir, sangat jauh dari Allah, jauh dari syurga dan sangat dekat dengan neraka. Kita berdo’a kepada Allah semoga Ceramah Jumat singkat ini ada manfaatnya untuk kita semua, amin.

This post have 0 komentar

Bagi yang berminat, silakan berkomentar — Terima Kasih :)
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *