10 Agustus 2016

Makanan Halal yang Tersedia di Olimpiade Rio 2016

Umat Islam setiap bepergian kemana saja senantiasa memeriksa apakah makanan yang disediakan oleh rumah makan atau restoran terjamin kehalalannya?

Begitu pula dengan momen Olimpiade. Melansir portal berita Detik - Inilah Makanan Halal yang Tersedia di Olimpiade Rio 2016.

Menyitat laporan dari food detik, ada banyak sekali makanan yang tersaji di ajang Olimpiade Rio 2016. Dari sekian banyak (ribuan) jenis makanan yang disediakan, terdapat makanan-makanan yang berlabel halal.

Makanan Halal yang Tersedia di Olimpiade Rio 2016

Makanan Halal yang Tersedia di Olimpiade Rio 2016
Dapur Olympic Village
Makanan yang berlabel halal tersebut tersedia berkat upaya yang sudah dilakukan oleh Brazil Islamic Center. Dari informasi yang ditulis oleh Mehr News Agency (Sabtu, 06/08) disebutkan, "Penyusunan proyek ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya oleh Brazil Islamic Center. Selama delapan bulan lamanya mereka telah berjibaku untuk penyediaan makanan halal dalam Olimpiade."

Wujud persiapan yang sudah dilakukan oleh Brazil Islamic Center (BIC) antara lain meyakinkan pihak komite olimpiade International Olympic Committee (IPC). Caranya, selain bernegosiasi - BIC mengajak IPC untuk mengenal mekanisme mempersiapkan makanan halal dalam Islam.

Seusai disepakati BIC diijinkan untuk menyediakan makanan halal bagi para atlit olimpiade yang beragama Islam, selanjutnya dapur makanan halal pum dirancang dengan membuat dapur khusus di Olympic Village.

Official Brazil Islamic Center
TAHUKAH ANDA? Selain ruang dapur, Olymmpic Village memiliki ruang makan berukuran besar yang mampu menampung sebanyak dua ribu atlit dan manajer dari delegasi muslim.

Dapur di Olympic Village juga menyediakan 65 ribu jenis makanan bagi lebih dari 18 ribu atlit dan anggota delegasi. Dan sekira 8 ribu diantaranya makanan dengan label halal bagi para atlit muslim yang berlaga di ajang olahraga bergengsi dunia tersebut.

Reputasi Brazil Islamic Center sudah teruji untuk urusan makanan halal, mereka sudah ada sejak 20 tahun yang silam. Selain mengelola makanan halal yang tersedia di Olimpiade Rio 2016, BIC sudah pernah mengurusi bidang yang sama saat digelar ajang 2014 FIFA World Cup serta Rio +20 pada 2012. []

Artikel Terkait


Makanan Halal yang Tersedia di Olimpiade Rio 2016
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email