15 November 2015

Musibah Merupakan Ujian bagi Setiap Manusia

Pembaca, siapakah kira-kira orang yang tidak pernah mendapatkan musibah? Musibah senantiasa akan selalu menimpa pada setiap orang hanya saja kadarnya yang berbeda-beda. Musibah memang sesuatu yang takpernah diharapkan oleh setiap orang namun secara sunatullah musibah berlaku kepada setiap manusia.

Musibah Merupakan Ujian bagi Setiap Manusia

Musibah Merupakan Ujian bagi Setiap Manusia

Pada hakikinya, musibah merupakan ujian atau cobaan dari Allah Swt.untuk setiap makhluk terutama manusia. Setiap manusia -baik itu- yang jauh dari nilai agama ataupun orang yang bertaqwa akan Allah Swt. timpakan musibah. Bahkan semakin tinggi kedudukan seseorang di sisi Allah Swt., maka akan semakin berat ujian atau cobaan yang diberikan-Nya kepada orang tersebut.

Allah Swt., berfirman, "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja saat mengatakan,'Kami telah beriman', sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. Al-Ankabut: 2)

Pengertian pada ayat di atas, tidak ada musibah yang telah Allah Swt.turunkan dengan sia-sia, sebab Allah Maha Adil dengan menyiapkan hikmah di balik musibah. Manusia terkadang tidak menyadari, bahwa setiap musibah yang menimpa kita merupakan sebuah cara yang Allah Swt. turunkan guna menyucikan dosa atau maksiat yang telah dilakukan.

Musibah Merupakan Ujian bagi Setiap Manusia

Dengan musibah, Allah menghendaki kebaikan untuk hamba-Nya, selain sebagai pelajaran bagi manusia agar dapat peduli kepada sesama dan selalu mensyukuri nikmat Allah Swt. Ada satu kisah sebagai gambaran bahwa ada hikmah di balik musibah. Kisah tentang seorang yang lumpuh namun ia selalu bersyukur atas kelumpuhannya.
Syahdan, suatu ketika terdapat seorang manusia dari kalangan kaumyang shalih memapas seorang laki-laki yang terkena penyakit lumpuh pada setengah kujur badannya. Ulat-ulat menyebar dari dua sisi perutnya.

Lelaki lumpuh pun berkata, "Alhamdulillah ... Allah telah menyelamatkanku dari cobaan yang telah dialami oleh kebanyakan orang."

Lelaki dari kaum shalih pun merasa heran, lalu lelaki itu bertanya kepada lelaki lumpuh, "Wahai saudaraku! Allah Swt. telah menyelamatkan apa dari dirimu? Aku takmelihat engkau tengah bahagia, bahkan aku melihatmu sedang terkena musibah?"

Tetapi, lelaki yang ditimpa musibah menjawab, "Menyingkirlah engkau! Sungguh Allah Swt. telah menyelamatkanku dengan membuat aku menjadi ingat untuk melisankan keesaan Allah Swt, mengenal-Nya dalam hati, serta berdzikir kepada-Nya di setiap waktu."

Pada intinya, Allah Sw. akan menguji keimanan dan ketabahan seorang hamba yang dicintai-Nya. Demikian sekilas artikel tentang Musibah Merupakan Ujian bagi Setiap Manusia. Mudah-mudahan bisa menjadi artikel yang bermanfaat untuk kita semua dalam memahami bab musibah. [|]

Artikel Terkait


Musibah Merupakan Ujian bagi Setiap Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email