20 Juli 2015

5 Tata Cara Puasa Syawal

Alhamdulillah kaum muslimin dan muslimat sedunia sudah sukses melewati ujian kesabaran; menahan syahwat, menahan hawa nafsu, serta menahan lapar dan dahaga. Kini, di bulan Syawal 1436 H., Allah Swt. kembali mengobral pahala bagi hambanya yang beriman.

Lewat berpuasa di bulan Syawal umat Islam berkesempatan mendapatkan limpahan pahala bila mengerjakan ibadah puasa Syawal. Keutamaan berpuasa di Bulan Syawal selama 6 hari akan diganjar pahala sama dengan mengerjakan puasa 1 tahun lamanya. Dalam sebuah hadits dijelaskan.

(مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ (رواه مسلم

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.” (HR. Muslim)

Lantas bagaimana perhitungan Puasa Syawal 6 Hari = Berpuasa 1 Tahun? Dalam hadits di atas dijelaskan, pahala orang yang berpuasa Ramadhan lalu melanjutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari di bulan Syawal maka bila dihitung secara matematika biasa ditemukan jumlah berpuasa selama 1 tahun. Berdasarkan dalil di dalam Alquran, "Satu pahala kebaikan nilainya sama dengan sepuluh kali kebaikan." (QS. Al-An' am:160)

Apabila 1 kebaikan dihitung 10 pahala, maka puasa Ramadhan selama 1 bulan sama dengan 10 bulan. Sedangkan berpuasa 6 hari di bulan Syawal -kebaikannya atau pahalanya sebesar 10 pahala selama 6 hari- dijumlahkan dengan puasa Ramadhan sebagai ibadah sunah lanjutan. Jadi total jumlahnya adalah satu tahun.Perhatikan kalkulasi berikut.
1 pahala = 10 pahala 
1 bulan = 1 x 10 = 10 bulan 
6 hari = 6 x 10 = 60 hari 
10 bulan + 60 hari = 1 tahun
Jangan lupa (melanjutkan) 6 hari berpuasa di buan syawal sama dengan berpuasa 365 hari atau 1 tahun.
Lalu bagaimana adab atau tata cara yang ideal untuk melaksanakan puasa Syawal 6 hari? Ada 5 Tata Cara Puasa Syawal.
  1. Puasa sunah Syawal dilakukan selama 6 hari,
  2. Melaksanakan puasa Syawal 6 hari sebaiknya dilaksanakan sehari setelah lebaran,
  3. Puasa sunah ini diutamakan dikerjakan secara berurutan,
  4. Sebaiknya mengutamakan hutang puasa terlebih dahulu (qodho') setelah dilunasi hutang puasanya barulah menunaikan puasa Sunah 6 hari di bulan Syawal,
  5. Tidak ada larangan mengerjakan puasa sunah pada hari Jumat dan Sabtu.
5 Tata Cara Puasa Syawal
5 Tata Cara Puasa Syawal
Demikianlah sedikit tambahan informasi mengenai 5 Tata Cara Puasa Syawal dan Perhitungan Pahala 1 Tahun semoga bisa menambah kefahaman kita, khususnya mengenai ibadah sunah; #PuasaSyawal. Sebagai Penutup berikut ini trending topic Puasa Syawal yang ramai di laman Twitter.

Tagar Puasa Syawal di Laman Twitter



Artikel Terkait


5 Tata Cara Puasa Syawal
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email