01 Juni 2015

Mengenal Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i, Pemuda Hafidz 20 Juz Asal Bandung

Bismillahhirrahmannirrahim ... 
Segala puji bagi ALLAH tuhan seluruh alam pemilik Arsy yg mulia,yang menguasai hari pembalasan yang Maha pemurah, Maha pengasih, lagi Maha penyayang dan semoga Shalawat dan salam selalu tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW beserta para keluarga serta sahabat beliau ... Semoga hadist-hadts Rasulullah SAW tentang Manfaat atau keutamaan menghafal, membaca, mempelajari Alqur'an mampu memotivasi kita dalam membudayakan menghafal, membaca, mempelajari Alqur'an.. Amin 
 
Banyak sekali musuh Islam yang ingin melenyapkan Alquran, membakar ataupun menyelewengkan isinya dan bentuk pelecehan alquran lainnya. Maka sungguh Allah telah memilih di antara hamba-hamba-Nya, orang-orang yang Allah jadikan sebagai penjaga Kitabullah dengan cara memelihara hafalannya dan menjaganya di dalam hati-hati mereka.
 
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." ( QS Al-hijr:9)
  
Allah Swt. berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al Qur’an) dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30) 
 
Hafidz Qur’an merupakan keluarga Allah yang berada di atas bumi. “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad) 
 
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Penghafal Al Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Quran akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Quran kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Quran memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan” (HR. Tirmidzi, hadits hasan {2916}
 
Inu Khuzaimah, Al Hakim, ia menilainya hadits ini shahih: Siapa yang membaca Al Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaiakan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, “Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” Dijawab,”Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur’an.” (HR. Al-Hakim) 
 
“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. At Tirmidzi).
 
Kepada para hafidz Alqur’an, Rasul saw., menetapkan yang berhak menjadi imam shalat berjama’ah. Rasulullah SAW bersabda, “Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim) 
 
Nikmat mampu menghafal Alqur’an sama dengan nikmat kenabian, hanya saja para hafidz, mereka tidak mendapatkan wahyu, “Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Quran, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan padanya.” (HR. Hakim) 
 
“Dan perumpamaan orang yang membaca Al Qur’an sedangkan ia hafal ayat-ayatnya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun alaih) "Orang yang mahir membaca Al-Quran, maka nanti akan berkumpul bersama-sama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang kesulitan dan berat jika membaca al-Quran, maka dia mendapat dua pahala." (Bukhari Muslim) 
 
Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw., bersabda, “Bacalah olehmu Alqur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”" (HR. Muslim) 
 
Dari Ali ra, berkata; bahwa Rasulullah saw bersabda, “ Barang siapa membaca al-Quran dan menghafalnya kemudian menghalalkan apa yang dihalalkan al-Quran, serta mengharamkan apa yang diharamkan-Nya, maka Allah akan memasukannya ke dalam surga dan menjaminnya untuk memberi syafa’at kepada 10 orang keluarganya yang wajib neraka baginya. “ (HR. Ahmad, Tirmidzi) 
 
"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR. Tirmidzi)
 
Mengenal Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i, Pemuda hafidz 20 Juz Asal Bandung
Adalah Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i seorang siswa Aliyah Alfalah Nagreg, Bandung Timur. Saat ini duduk di kelas 2 Aliyah, dalam hal menghafal Alquran, ia terbilang berprestasi, terbukti dari awal mengenyam Aliyah, anak pasangan Ade Hery dan Syarifah Aliyah Alaydarus ini sudah memenuhi syarat untuk memperoleh beasiswa alias gratis biaya pendidikan, yaitu hafal Alquran belasan juz.
Mengenal Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i, Pemuda hafidz 20 Juz Asal Bandung
Mengenal Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i, Pemuda hafidz 20 Juz Asal Bandung
Dan taklama lagi, Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i akan diwisuda sebagai Hafidz Alquran 20 Juz. Kita doakan semoga hafalan tetap terjaga dan bermanfaat untuk kehidupan dunia dan agama, amin Yaa Rabbal'alamin ...

Artikel Terkait


Mengenal Muhammad Akbar Hasyim Rifa'i, Pemuda Hafidz 20 Juz Asal Bandung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email