20 Juni 2015

Doa Mustajab Saat Menjelang Berbuka Puasa

Rosululloh SAW bersabda:

ثلاثة لا ترد دعوتهم :الصائم حين يفطر، و الإمام العادل، و دعوة المظلوم

"Ada 3 (Tiga) golongan yang tidak ditolak doa-doanya mereka, (yaitu:) doa orang yg berpuasa di saat berbuka, doa imam yang adil, dan doa orang yang didhzolimi atau dianiaya." (HR. At-Tirmidzi: 2526-5) 
Doa Mustajab Saat Menjelang Berbuka Puasa
Doa Mustajab Saat Menjelang Berbuka Puasa

Waktu ijabah do’a ketika puasa ada pada momen atau saat menjelang berbuka puasa. Saat memasuki waktu adzhan maghrib berkumandang sangat disarankan untuk berdo’a.
Abdullah bin Amr r.a. meriwayatkan bahwa Nabi Saw. bersabda, "Sesungguhnya orang yang berpuasa, ketika dia berdoa saat (memasuki) waktu berbuka, maka doanya tidak ditolak." (HR.Ibnu Majah).

Jamak diantara orang yang tengah berpuasa tapi selalu tergesa-gesa kala berbuka puasa karena saking taktahan menahan lapar. Padahal kita berbuka, dengan porsi yang tidak lebih dari sepiring nasi dan beberapa gelas air. Tubuh kitapun tidak akan terlalu banyak menampung makanan. Waktu untuk makan pun sebetulnya sangat panjang. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sibuk memenuhi kebutuhan perut dengan makanan, alangkah lebih baik kita menyempatkan diri untuk memanjatkan do’a kepada Allah SWT. Berbahagialah orang-orang yang sering melaksanakan shaum sunnah karena mereka mendapat kesempatan lebih banyak untuk menikmati waktu mustajab doa. 

Bagi yang terbiasa mengisi waktu sore dengan menyiapkan beragam menu berbuka atau berjalan-jalan sore dengan tujuan memburu takzil, namun melewatkan atau melupakan waktu-waktu mustajab seperti berdoa menjelang berbuka puasa maka mulai dengan saat ini ubah kebiasaan yang kurang baik tersebut.

Buatlah interval antara berbuka dan waktu menyiapkan hidangan berbuka ada waktu untuk berdoa sebab saat ini sudah mengetahui keutamaan Doa Mustajab Saat Menjelang Berbuka Puasa. Ayo berdoa ... Semoga ada guna serta manfaat.. Amiin Yaa Rabbal a'lamiin ...

Artikel Terkait


Doa Mustajab Saat Menjelang Berbuka Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email