10 Juni 2015

8 Amalan Baik Atau Amal Shaleh di Bulan Puasa

Masih merupakan materi ceramah bertemakan Ramadhan inilah Amalan Baik Lain di Bulan Puasa ...
Selain puasa wajib Ramadhan, terdapat 8 amalan yang disunahkan pada bulan yang penuh berkah tersebut, di antaranya: 
8 Amalan Baik Atau Amal Shaleh di Bulan Puasa
8 Amalan Baik Atau Amal Shaleh di Bulan Puasa
1) Mengkhatamkan Al-Qur’an - Bulan Ramadhan merupakan bulan Alquran. Di bulan inilah Alqur’an pertama kali turun dari lauhil mahfuz ke langit dunia. Allah berfirman, "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)" (Al-Baqarah: 185)
 
Bersyukurlah bagi setiap muslim yang mampu membaca Alquran, sebab masih banyak umat islam - khususnya di Indonesia yang masih buta aksara Alquran - Baca: 65% Muslim Tanah Air Buta Aksara Alquran. Sebagai bentuk antisipasi para orangtua bisa menanamkan alquran dan alhadits kepada anak-anak sejak dini. 

Ibnu Abbas RA berkata; "Nabi Muhammad Saw. merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia. Kedermawanannya meningkat saat malaikat Jibril menemuinya setiap malam hingga berakhirnya bulan Ramadhan, lalu Nabi membacakan Alquran dihadapan Jibril. Pada saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang berhembus." 

Hadist tersebut di atas mengisyaratkan kepada setiap muslim supaya bertadarus Alquran, serta berkumpul dalam majlis ta'lim alquran pada bulan Ramadhan. Membaca dan belajar Alquran bisa dilakukan di hadapan orang yang lebih mengerti atau lebih hafal Alquran. Selain itu, setiap muslim dianjurkan pula untuk memperbanyak membaca Alquran di malam harinya. 

Hal lain yang juga dipetik hikmahnya berdasarkan hadist di atas, yaitu di saat terjadi proses belajar-mengajar antara Nabi Muhammad saw dan Malaikat Jibril, terjadi pada malam hari. Sebab di waktu malam seseorang tidak terganggu oleh pekerjaan rutin. Pada malam hari, suasananya lebih tenang sehingga hati seseorang juga lebih mudah meresapi dan merenungi amalan dan ibadah yang dilakukannya.

2) Shalat tarawih - Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Shalat tarawih atau berdiri ibadah di bulan Ramadhan tidak ada batasannya. Sebagian orang meyakini dan faham bahwa shalat tarawih tidak boleh kurang dari 20 rakaat, serta sebagian lain memahami, tidak boleh lebih dari 11 atau 13 rakaat. Ini adalah pendapat keliru yang menyalahi dalil. Beberapa hadits menunjukkan bahwa shalat malam merupakan perkara yang luas, tidak ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Terbukti terdapat riwayat yang jelas bahwa nabi Saw. pernah shalat 11 rakaat, terkadang 13 rakaat atau kurang dari itu. Saat ditanya tentang shalat malam beliau bersabda: “Dua rakaat dua rakaat, jika seseorang diantara kalian khawatir masuk waktu subuh hendaklah shalat satu rakaat witir.”

3) Memperbanyak doa - Orang yang berpuasa ketika berbuka merupakan salah satu orang yang doanya mustajab. Oleh karena itulah setiap orang harus memperbanyak berdoa di saat sedang berpuasa apalagi di saat berbuka. Dalam melakukan doa utamakan berdoda untuk kebaikan diri kita, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama muslim di belahan dunia.

4) Memberi buka puasa (tafthir shaim) - setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa menyisihkan harta dan waktunya memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir korma. 

Rasulullah pernah bersabda, "Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun." (Bukhari Muslim)
5) Bersedekah - Rasulullah Saw. bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmizi). Dan dengan bersedekah harta miliki seseorang bukannya berkurang bahkan bersedekah menjadikan kaya.

8 Amalan Baik Atau Amal Shaleh di Bulan Puasa

6) I’tikaf - I’tikaf artinya berdiam diri di masjid guna beribadah kepada Allah. I’tikaf disunahkan bagi laki-laki dan perempuan; pasalnya Rasulullah Saw. selalu beri’tikaf, terutama pada 10 (sepuluh) malam yang akhir serta para istri Beliau pun turut ikut I’tikaf bersamanya. Dan hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf memperbanyak zikir, istigfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah dan lain-lain. Di akhir bulan Ramadhan, Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

7) Umroh - Ramadhan merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan umrah, sebab umroh pada bulan Ramadhan berpahala seperti pahala haji bahkan pahala haji bersama Rasulullah Saw. Beliau bersabda: “Umroh pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku.”

8) Memperbanyak berbuat kebaikan - Bulan Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi setiap muslim untuk menambah investasi pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaki dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai yang sama dengan amalan wajib dan amalan wajib senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan. Pergunakan sebaik-baiknya setiap peluang untuk berbuat kebaikan sekecil apapun meskipun hanya ‘sekedar’ tersenyum di depan orang lain. 

Demikianlah artikel yang membahasa tentang, 8 Amal Baik Atau Amal Shaleh di Bulan Puasa. Artikel kali inipun bisa dijadikan pelengkap materi ceramah di buan Ramadhan bagi Anda yang memerlukannya.

Semoga kita tergolong orang-orang yang mampu memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk mewujudkan ketakwaan diri kita. Sehingga kita bisa sama-sama masuk ke dalam surga dan terbebas dari neraka. Amin ... Jangan pernah lupa untuk berdoa memohon kesehatan sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan sukses. Amin YRA.

Artikel Terkait


8 Amalan Baik Atau Amal Shaleh di Bulan Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email