18 Mei 2015

Hal-Hal Menarik dari Perjalanan Umroh

Sama halnya dengan ibadah haji, umroh merupakan perjalanan ibadah yang dituliskan dalam Alquran. Umroh dilaksanakan dengan melakukan beberapa ritual peribadatan di kota Mekah khususnya Masjidil Haram. Pada hakikatnya, umroh melakukan thowaf di Ka'bah serta sai di antara Shofa dan Marwah sebelumnya niat dan mengenakan ihrom di miqot (tempat memulai rangkaian ibadah umroh) di Bir Ali.

Nah di luar ibadah yang sangat krusial tersebut di atas, ada beberapa hal menarik yang bisa menjadi kenangan indah dan insya Allah takkan terlupakan dalam ingatan para pelaku ibadah umroh. Apa saja hal-hal menari tersebut? Tentunya banyak sekali. Namun dari sekian banyak hal, berikut ini beberapa di antaranya.
  1. Mesjid Quba. Ini adalah masjid pertama yang didirikan oleh Baginda Rasulullah SAW saat beliau berhijrah dari Makkah ke Madinah. Masjid Quba sampai dengan detik ini telah menjadi sebuah masjid yang seakan-akan 'wajib' dikunjungi oleh hampir rata-rata jemaah umrah. Terdapat kefadhoan apabila seorang muslim mengerjakan shalat sunat dua rakaat di mesjid Quba, akan mendapatkan ganjaran pahala sama dengan satu kali umrah, Subhanallah.
    Mesjid Quba
    Mesjid Quba
    Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang bersuci dari rumahnya, kemudian datang ke Masjid Quba, lalu shalat dua rakaat, maka baginya pahala sebagaimana ganjaran umrah.” (HR Tirmidzi)
  2. Raudhah (Taman Surga). Selain Masjid Quba, jemaah Umroh pun memprioritaskan dalam perjalanan ibadah umroh dengan memasukkan berkunjung ke Masjid Nabawi atau dikenal dengan Raudhah dalam agenda acaranya.

    Hal-Hal Menarik dari Perjalanan Umroh

    Kefadholan Masjid Nabawi yaitu adanya peninggalan bersejarah berupa ruangan antara kamar dan mimbar Nabi. Ruangan itu dinamakan Raudhah yang berarti Taman Surga). Masjid Nabawi takpernah sepi. Karena keutamaannya tersebut, takjarang banyak jamaah umroh yang memanjatkan doa di masjid ini. Ruangan Raudhah memiliki ukuran 144 meter, tetapi jutaan jamaah saling berebutan agar bisa masuk untuk shalat dan berdoa di ruangan tersebut.
    Raudhah (Taman Surga) atau Masjid Nabawi
    Raudhah (Taman Surga) atau Masjid Nabawi
    Sabda Rasulullah SAW, “Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah (taman) diantara taman-taman surga”. (HR Bukhari)
  3. Tahalul atau Mencukur rambut. Dalam menjalankan ibadah umroh, rangkaiannya terakhir yang dilakukan oleh jamaahnya adalah melaksanakan tahalul atau bercukur rambut. Untuk laki laki biasanya mereka akan mencukur gundul rambutnya. Maka, ketersediaan tempat mencukur rambut sangat diperlukan di sana. Masyarakat setempat pun pada akhirnya membuka kios cukur rambut atau barber shop yang berjejer di area pelataran Masjidil Haram. Semua barber shop rata-rata buka nonstop 24 jam. Ongkos jasa mencukur rambut di sini berkisar antara 5 hingga 20 Riyal per kepala dengan kurs 1 Riyal sekira 3 ribu rupiah. Setiap barber shop meiliki kemampuan mencukur rat-rata 5 hingga 10 menit per kepala yang menakjubkan, antriannya yang nyaris tiada akhir. Kabarnya, satu kios cukur rambut bisa mengantongi omset sebesar 24 juta rupiah per hari. 
Itulah sekilas informasi tentang Hal-Hal Menarik dari Perjalanan Umroh. Pembaca yang pernah mengalami tentu ingin kembali ibadah umroh, bukan. Dan bagi pembaca yang belum pernah ibadah umroh mari kita niatkan mulai dari sekarang. Sama-sama berdoa semuanya mendapat kesempatan untuk berangkat Umroh dan  berdoa di tempat tersebut di atas ...  Aamiin Ya Robbal Aalamiin

-----
Daftar Pustaka:http://tatacaraumroh.weebly.com/
https://www.facebook.com/pages/Serba-Serbi-Umroh/837255176324767

Artikel Terkait


Hal-Hal Menarik dari Perjalanan Umroh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email