09 September 2014

12 Tips Syiar untuk Remaja Islam

12 Tips Syiar untuk Remaja Islam - Melihat pergaulan remaja di Indonesia yang mayoritas memeluk Islam sudah semakin parah, maka para generasi muda harus secepatnya melakukan perbaikan. Kita tidak boleh menutup mata dengan kenyataan bahwa generasi muda Indonesia sudah sangat terjajah dan tertinggal jauh hari ini.
12 Tips Syiar untuk Remaja Islam
12 Tips Syiar untuk Remaja Islam
Kehidupan sekuler yang disebarkan dunia barat secara tidak langsung sudah mengakibatkan kebobrokan pada generasi muda Indonesia. Kehidupan modern yang ditawarkan pada umumnya hanya bertujuan membutakan kita dari konsep kemuliaan agama Islam. Lihat saja keadaan sebagian remaja Indonesia yang pemahaman Islamnya sangat minim.

Pencucian otak budaya barat sudah membuat generasi muda kita berbalik arah. Mereka tidak hanya merasa asing dengan Islam, tetapi justru memusuhi Islam. Para remaja muslim seolah-olah lupa tujuan hidupnya dan lupa siapa Tuhannya.

Krisis akhlak para remaja Indonesia semakin terlihat memprihatinkan ketika sebuah survei meyimpulkan bahwa remaja SMP di Indonesia yang sudah tidak perawan prosentasenya adalah 62,7% dan remaja yang pernah melakukan aborsi jumlahnya sekitar 21,2 persen. Selain itu, hasil survei lain yang dilakukan oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) sangat menyedihkan. Ternyata, dari 97% pengguna narkoba, 28% di antaranya adalah para remaja umur 17-24  tahun.

Selain kasus-kasus di atas, masih ada lagi kasus lainnya yang menjerat para remaja muslim seperti seks bebas, pembunuhan, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda Islam harus segera bangkit dari penindasan yang dilakukan musuh-musuh Islam.

Kita harus sadar bahwa yang mereka tularkan dalam idealisme, permikiran, dan gaya hidup kita, tidak lain merupakan cara mereka melucuti kebahagiaan umat muslim. Itulah alasan kenapa kaum kafir akhirnya terlihat lebih maju dari umat Islam. Kaum kafir ini telah memberikan obat tidur sehingga kita semua terlelap. Di sisi lain, kaum kafir menggiatkan diri mereka untuk terus maju. Jadi, untuk melawan penjajahan budaya barat, kita sebagai remaja Islam harus bangkit.

Tip Syiar untuk Remaja Islam

Apakah Anda remaja muslim yang saat ini merasa kesulitan memelihara keimanan atau kesulitan menyiarkan ajaran Islam di antara komunitas nonmuslim? Apakah teman-teman muslim Anda kini sudah melupakan ajaran Islam karena pengaruh budaya luar? Berikut ini tip-tip yang bermanfaat bagi remaja muslim dalam mensyiarkan Islam kepada teman-teman.

1. Luruskan Niat

Luruskanlah serta niatkan semua kegiatan Anda hanya untuk Allah Swt. Kapan pun, di mana pun, dan apa pun yang tengah dikerjakan, baik itu saat sendirian ataupun bersama teman, usahakan untuk selalu mengingat Allah Swt. Berdoa dan niatkanlah semua kegiatan kiat hanya demi Allah Swt.

2. Praktikkan Apa yang Sudah Dikatakan

Kerjakanlah atau praktikkanlah selalu apa yang telah Anda katakana pada teman-teman. Yakinkanlah mereka bahwa agama Islam itu adalah panduan hidup manusia dan harus selalu konsisten berpegang teguh pada Islam.

3. Meneladani Al-Quran dan Rasulullah

Dalam mensyiarkan ajaran agama Islam, teladanilah Al-quran dan sirah Rasulullah saw. Ada banyak pelajaran tentang cara syiar Nabi Muhammad saw menyebarkan ajaran agama Islam di dalam Al-quran dan Sirahnya. Pakailah ini semua untuk panduan syiar Islam.

4. Jangan Menilai Seseorang dari Penampilan Fisik

Penampilan dan wajah tidaklah selalu melambangkan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, jangalah menilai seseorang atau teman Anda hanya dari wajah dan penampilannya. Tak jarang, wajah dan penampilan itu bisa menipu. Mungkin saja teman Anda yang sopan dan pendiam ternyata memiliki sisi gelap. Sebaliknya, teman Anda yang gaul ternyata adalah seorang hamba Allah yang taat. Jadi, perlakukanlah setiap orang dengan sikap yang tidak membeda-bedakan, seolah-olah diri kita belum mengenal mereka.

5. Senyum

Tak sedikit umat Islam yang berwajah serius saat berada di antara kalangan nonislam. Ini adalah sikap yang tidak tepat. Sebagai seorang remaja muslim, kita harus selalu memperlihatkan raut muka yang bercahaya, salah satunya dengan tersenyum. Ya, senyum itu ibadah. Jadi, tersenyumlah dan perhatikan apa yang terjadi di sekitar kita.

6. Inisiatif

Jika akan bepergian dengan teman, Anda harus mengambil inisiatif pertama. Jauhkan sejauh-jauhnya teman-teman kalian dari tempat-tempat maksiat dan tempat yang kurang baik. Ini adalah salah satu syiar Islam yang secara tidak langsung Anda ajarkan kepada teman-teman.

7. Kabarkan Bahwa Islam Itu Relevan Sepanjang Masa

Sebagian orang di dunia ini berpandangan atau menilai bahwa agama Islam itu ketinggalan zaman dan kuno. Kita sebagai remaja muslim harus bisa menunjukkan kepada mereka bahwa ajaran agama Islam itu tetap relevan sampai kapan pun. Ajaran itu akan tetap relevan sepanjang masa.

8. Mengajak Teman Ikut Kegiatan Sosial

Ajaklah teman-teman kalian untuk mengikuti kegiatan sosial bersama-sama. Saat ada cara amal dan acara sosial, tak ada salahnya mengajak teman-teman di sekitar untuk ikut berpartisipasi. Partisipasi teman-teman akan sangat berpengaruh positif menjaga hubungan antara Anda dan mereka. Selain itu, akan terbuka juga hati mereka menolong sesama manusia.

9. Tanyakan pada Mereka 4 Hal yang Sangat Mendasar

Di setiap kesempatan, cobalah pancing teman-teman di sekitar untuk menjawab empat pertanyaan ajaib berikut. Empat pertanyaan berikut tak jarang dengan sangat mudah mengarahkan pembahasan kepada Allah Swt dan Islam secara halus. Berikut ini empat pertanyaan yang mendasar.
  • Apa tujuan hidup Anda dan apa pula yang membuat diri Anda bahagia?
  • Hal apa yang Anda yakini atau percayai?
  • Seharusnya pada siapa Anda berterima kasih atas seluruh nikmat ini?
  • Apakah seluruh kesuksesan Anda hingga saat ini tanpa bantuan dari orang lain?

10. Tunjukkan Bahwa Shalat 5 Waktu Itu Ibadah Terpenting

Kita sebagai seorang remaja muslim harus mampu menunjukkan bahwa shalat 5 waktu itu adalah ibadah terpenting dalam hidup. Katakan kepada teman-teman bahwa waktu shalat wajib adalah saat-saat seorang muslim berhubungan langsung dengan Allah. Saat itu, setiap muslim dapat meminta bantuan apa pun pada Allah Swt. Bila teman sedang memiliki masalah hidup, ajaklah teman tersebut untuk berdoa atau ikut shalat berjamaah bersama kita.

11. Ceritakanlah Sikap-sikap Orang Dewasa yang Positif

Tak jarang para remaja memandang orang dewasa, khususnya orangtua mereka, sebagai manusia kuno atau bodoh. Cobalah tunjukkan rasa hormat kepada orang-orang dewasa di sekitar kita dan pujilah sikap positif mereka. Hal ini tentunya akan membuka perspektif baru bagi teman-teman dan juga akan membuat mereka lebih menghormati orangtuanya. Ingat, menghormati orangtua nilainya sangat tinggi dalam ajaran Islam.

12. Mendukung Teman yang Mulai Mempelajari Islam

Jika suatu saat nanti ada teman yang mulai tertarik dan berupaya melaksanakan ajaran agama Islam, kita harus segera membantu dan mendukungnya semaksimal mungkin. Dekatilah terus teman Anda yang masih lemah imannya tersebut dan syiarkan ajaran Islam sehingga imannya semakin terbina.

Itulah 12 Tips Syiar untuk Remaja Islam. Ingat, dakwah itu bukanlah hak seorang muslim, tetapi kewajiban. Setiap muslim wajib mensyiarkan Islam kepada siapa pun dan di mana pun juga. Mudah-mudahan Allah Swt selalu melindungi dan meridai langkah kita semua. Amiin.

---
Sumber: http://www.anneahira.com/remaja-islam.htm

Artikel Terkait


12 Tips Syiar untuk Remaja Islam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email