21 Juni 2014

7 (Tujuh) Peran Pokok Ayah dalam Keluarga

Guna memiliki anak shaleh/shalehah yang pintar, tentunya tergantung cara orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Termasuk peran sosok ayah dalam keluarga, juga menentukan kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam melaksanakan tata tertib yang harus dilaksanakan oleh semua anggota keluarga; anak, isteri dan anggota keluarga lain termasuk sosok ayah.


7 (Tujuh) Peran Pokok Ayah dalam Keluarga

Khusus berbicara tentang peran sosok Ayah sebagai suami dari isteri dan ayah dari anak-anaknya, berikut ini uraian artikel tentang 7 (Tujuh) Peran Pokok Ayah dalam Keluarga.

  1. Ajarkan keluarga mengenal Allah, Rasul-Nya, Al-Qur’an, dan sejarah kehidupan para shahabat Rasul Saw. 
  2. Bimbing keluarga agar menjadi keluarga yang bersyukur pada Allah dan berbakti kepada kedua orang tua, serta berbuat baik pada karib kerabat, teman, tetangga dan mayarakat lainnya. 
  3. Lindungi keluarga dari keyakinan, ucapan dan perbuatan yang mengandung syirik kepada Allah. 
  4. Ajarkan keluarga untuk selalu muraqobatullah (merasa dimonitor Allah) sehingga mereka takut dan berharap hanya kepada Allah. 
  5. Ajarkan dan bimbing keluarga untuk menjadi ahli ibadah. 
  6. Ajarkan dan libatkan keluarga dalam berbagai aktivitas dakwah, karena dawah itulah profesi yang amat mulia di sisi Allah dan sekaligus ajang mengumpulkan amal shaleh yang tak terhingga nilainya. 
  7. Ajarkan dan bimbing keluarga agar selalu berpegang pada akhlak mulia, di mana saja, kapan saja dan apapun profesi yang ditekuni.
Selan itu, ayah setiap keluarga jangan lupa untuk memasukkan unsur pendidikan Islam, kemudian padukan semuanya dalam membangu keluarga.Itulah sekilas tentang peranan ayah yang menjadi sosok sentral bahkan menentukan karakteristik anggota keluarga.  

Artikel lebih lengkap: DI SINI

Artikel Terkait


7 (Tujuh) Peran Pokok Ayah dalam Keluarga
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email