28 Mei 2014

Zaman Jahiliah sebagai Era Kegelapan

Al jahlu secara bahasa berarti ‘tidak berpengetahuan’ atau ‘bodoh’. Disebut zaman jahiliah bukan berarti pada masa itu tidak ada manusia pintar atau pun berpengetahuan. Sejarah mewartakan bahwa banyak manusia pintar dan berpengetahuan hebat sebelum kehadiran Islam di altar kehidupan ini, terutama bangsa Arab yang terkenal sebagai bangsa yang banyak melahirkan penyair hebat dan pemikir andal.

Zaman Jahiliah sebagai Era Kegelapan

Jahiliah yang dimaksud adalah kebutaan mata hati dan pikiran dalam menerima dan menyikapi nilai-nilai luhur kehidupan serta memungkiri nilai-nilai ketuhanan yang diajarkan agama samawi. Oleh karena itu, orang disebut bodoh bukan karena tidak berilmu, melainkan karena meyakini sesuatu yang salah, menentang kebenaran, atau mengerjakan sesuatu dengan menyalahi aturan dan tidak mengerjakan yang seharusnya dia kerjakan.

Fakta kehidupan mewartakan bahwa sebelum kehadiran Islam, bangsa Arab memiliki pola hidup yang jauh dari nilai-nilai luhur kehidupan: membanggakan keturunan, memperbanyak kekayaan duniawi, dan berlomba-lomba dalam menggapai kedudukan sosial. Perjudian, prostitusi, pesta miras, dan beragam sikap mental negatif lainnya menjadi life style kehidupan mereka.

Hal tersebut menyebabkan terpinggirkannya nilai-nilai dan pranata luhur kehidupan; yang kuat menguasai yang lemah, hukum milik mereka yang kaya dan berkuasa, dan semua aktivitas kehidupan harus berbuah kekayaan duniawi dan popularitas diri dengan cara apa pun. Adapun penuhanan harta, tahta, serta pemuasan hasrat seksual adalah trade mark kehidupan masyarakat jahiliah.

Zaman Jahiliah sebagai Era Kegelapan

Oleh karena itu, zaman jahiliah disebut juga era kegelapan karena sejatinya yang bodoh bukanlah otak di kepala mereka, melainkan hati dan akal sehat yang terbutakan dari nilai-nilai kebenaran ilahiah.


Sumber: Buku Abu Bakar The 1st Khalifa (Penerbit Syaamil Books)

Artikel Terkait


Zaman Jahiliah sebagai Era Kegelapan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email