12 Mei 2014

Berbuat Baik kepada Orangtua

Baik di dalam Allquran dan Alhadits kandungan yang bertemakan Berbuat Baik kepada Orangtua sudah disampaikan. Dalil-dalil tentang bab ini sangat banyak kajiannya.

Berbakti kepada kedua orang tua adalah berbuat baik kepada keduanya dengan harta, bantuan fisik, kedudukan dan sebagainya, termasuk juga dengan perkataan. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjelaskan tentang bakti ini dalam firmanNya.



Berbuat Baik kepada Orangtua
Berbuat Baik kepada Orangtua
"Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya (orangtua) sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia" (QS. Al-Isra : 23)
Ayat di atas mengisyaratkan bahwa biasanya orang yang sudah lanjut usia perilakunya tidak normal, dan seringkali meminta yang aneh - aneh namun demikian Allah menyebutkan. Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah.." sambil merasa tidak senang kepada keduanya.

Dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.
Seorang anak kepada orangtua sepatutnya bersikap santun serta sopan dan penuh kepatuhan seperti yang termaktub dalam ALquran, firman Allah Subhanahu wa Ta'ala.
 

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah,˜Wahai Rabbku, kasihinilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS. Al-Isra: 24)

Selain itu, anak hendaknya berbakti dengan memberikan harta dari rejeki yang diperolehnya, karena kedua orang tua berhak memperoleh nafkah, bahkan hak nafkah mereka merupakan hal yang paling pertama, sebagaimana firman Allah Swt di dalam Alquran:
"Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak......" kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya." (QS. 
Al Baqarah: 215)

Tentang Berbuat Baik kepada Orangtua, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersada di dalam hadits, yang berarti, "Engkau dan hartamu adalah milik ayahmu." (Hadits Riwayat Abu Daud)

Anak juga wajib mengabdi, prakteknya dengan berbuat baik, seperti berkata sopan serta perbuatan sehari-hari di dalam keluarga. Selama orangtua tidak mengajak perbuat mudharat seperti; perkara yang haram (mengajak meminum minuman keras, atau mengajak berjudi dan lain-lain) apalagi mengajak untuk menyekutukan Allah, maka anak wajib untuk tidak taat alias menolak ajakan maksiat dari orangtuanya. Sebagaimana firman Allah Swt.
"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. 
Luqman: 15)

Demikianlah sekilas artikel tentang hubungan orangtua dan anaknya yang terdapat di dalam Alquran dan Alhadits. Mudah-mudahan dengan adanya pemahaman tentang 
Berbuat Baik kepada Orangtua ini bisa menggugah semua pembaca terutama Anda yang masih tinggal dan memiliki orangtua yang sudah lansia serta perlu perhatian atau perawatan dari anak-anaknya. 

-------------

Sumber http://motivasi-islami-abadi.blogspot.com/2014/02/berbakti-kepada-kedua-orang-tua.html

Artikel Terkait


Berbuat Baik kepada Orangtua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email