18 Maret 2014

8 Langkah Tarbiyah Sesuai dengan Alquran dan As Sunnah

Tarbiyah atau pendidikan anak merupakan kewajiban yang paling utama bagi anak yang menjadi tanggungjawab para orangtua. Bila orangtua menelantarkannya itu artinya menelantarkan amanat dan kepercayaan Allah, dan bila membiarkannya maka berarti membiarkan kehancuran anak, orangtuanya, umat, bangsa, dan negara. Adapun mendidik anak-anak merupakan amal shaleh yang mampu mengangkat derajat sang anak dan derajat kedua orangtuanya di surga. (Selengkapnya Baca: Di sini)


8 Langkah Tarbiyah Sesuai dengan Alquran dan As Sunnah

Ada cara atau langkah-langkah yang bisa ditempuh oleh setiap oangtua dalam melaksanakan tarbiyah atau pendidikan islam. Inilah 8 Langkah Tarbiyah Sesuai dengan Alquran dan As Sunnah.
  1. Mengajarkan tauhid kepada anak, mengesakan Allah dalam hal beribadah kepadaNya, menjadikannya lebih mencintai Allah daripada selainNya, tidak ada yang ditakutinya kecuali Allah. Ini pendidikan yang paling urgen di atas hal-hal penting lainnya.
  2. Mengajari anak sholat dan membiasakannya berjama'ah.
  3. Mengajari mereka agar pandai bersyukur kepada Allah, kepada kedua orangtua, dan kepada orang lain.
  4. Mendidik mereka agar taat kepada kedua orangtua dalam hal yang bukan maksiat, setelah ketaatan kepada Allah dan rosul-Nya yang mutlak.
  5. Menumbuhkan pada diri mereka sikap muroqobah merasa selalu diawasi Allah. Tidak meremehkan kemaksiatan sekecil apapun dan tidak merendahkan kebaikan walau sedikit.
  6. Memberitahu mereka akan wajibnya mengikuti sabilul mukminin al muwahhidin (jalannya mukminin yang bertauhid), salafush sholih generasi terbaik umat ini, dan memberikan loyalitas kepada mereka.
  7. Mengarahkan mereka akan pentingnya ilmu Al Kitab dan Sunnah.
  8. Menanamkan pada jiwa mereka sikap tawadlu, rendah hati, dan rujulah serta syaja'ah (kejantanan dan keberanian). Dan masih banyak lagi selain apa yang penulis uraikan di sini. Semoga Allah menganugerahkan kepada kita anak-anak yang sholih. Amin ya Mujiibas sailiin. Allah berfirman.
"Dan orang-orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa." (QS Al Furqoon: 74).

Demikianlah 8 Langkah Tarbiyah Sesuai dengan Alquran dan As Sunnah yang bisa menjadi acuan setiap orangtua dalam upaya mendidik anak-anaknya. 

Artikel Terkait


8 Langkah Tarbiyah Sesuai dengan Alquran dan As Sunnah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email