11 Januari 2014

Alasan Kenapa Alhadits Begitu Penting

Inilah Alasan Kenapa Alhadits Begitu Penting - Pembaca, seperti sama-sama kita ketahui, bahwa inti ajaran Islam dibangun di atas dua pondasi: Al-Qur’an dan Sunnah. Keduanya memiliki kaitan yang sangat erat Banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang tidak bisa diartikan dengan benar dan tepat tanpa bantuan keterangan dari Sunnah Nabi Saw.

Sebagai contoh adalah tata cara shalat yang tidak mungkin dipraktekan tanpa bantuan dari Sunnah Nabi. Pasalnya, Al-Qur’an sendiri tidak menyebutkan tata cara shalat secara detil, melainkan Al-Qur’an hanya menegaskan tentang wajibnya shalat lima waktu itu saja.

Alasan Kenapa Alhadits Begitu Penting

Alasan Kenapa Alhadits Begitu Penting
Adapun shalat sunnah dan cara memulai shalat secara jelas termaktub di dalam Al-Hadits. Oleh karena pentingnya pengetahuan tentang hadist ini, Imam Abu Hanifah pernah berujar: ”Tanpa Sunnah tak seorangpun dari kita yang dapat memahami Al-Qur’an.”

Rasulullah Saw. pernah menegaskan bahwa orang yang mempelajari dan menghafal hadits-haditsnya akan dianugerahi oleh Allah Swt wajah yang bercahaya, penuh dengan pancaran nur keimanan yang menandakan ketenangan hati dan keteduhan batin. Sabda beliau Saw:
Allah membuat bercahaya wajah seseorang yang mendengar dari kami sebuah hadits, kemudian menghafalnya dan menyampaikannya …”
(Abu Daud dalam Sunannya dan At-Tirmidzi dalam Sunannya).


Ada kumpulan hadits populer yang tergolong shahih berisikan sabda Rasulullah, yaitu Kutubus-sitah atau kitab 6 (enam). Yang dimaksud dengan kutubus-sitah atau kitab 6 antara lain:
  1. Shahih Bukhari dihimpun oleh Imam Bukhari
  2. Shahih Muslim dihimpun oleh Imam Muslim
  3. Sunan an-Nasa'i atau disebut juga As-Sunan As-Sughra dihimpun oleh Imam Nasa'i
  4. Sunan Abu Dawud dihimpun oleh Imam Abu Dawud
  5. Sunan at-Tirmidzi dihimpun oleh Imam Tirmidzi
  6. Sunan ibnu Majah dihimpun oleh Imam Ibnu Majah
Berhubungan dengan hadits Sunan ibnu Majah, saat ini organisasi islam LDII tengah menyelenggarakan asrama Mengkaji Hadits ibnu Majah di Pondok Pesantren Wali Barokah Burengan, Kediri. Tujuannya, melestarikan ajaran agama yang haq berdasarkan Alquran dan Alhadits.

Itulah sekilas tentang Alasan Kenapa Alhadits Begitu Penting. Semoga artikel ini bisa membuka cakrawala kefahaman kita semua, amin. 

SUMBER

Artikel Terkait


Alasan Kenapa Alhadits Begitu Penting
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email