15 November 2013

Perpaduan Ideal Urusan Dunia dan Akherat

Perpaduan Ideal Urusan Dunia dan Akherat - Pada setiap hari Jumat di waktu dhuhur, bagi muslim yang tengah mengadakan rapat, pertemuan atau semisalnya, wajib menghentikan kegiatannya.


Perpaduan Ideal Urusan Dunia dan Akherat

Begitu pula setiap muslim yang sedang bertransaksi di pasar, di warung-warung, semua berhenti dulu dari kegiatan bisnisnya. Segera berwudhu dan bergegaslah ke masjid untuk mengerjakan shalat Jumat.

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu, lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumu'ah: 62 : 9)

Setelah selesai shalat barulah melanjutkan aktifitas rutin sesuai dengan keperluan dan kesibukan masing-masing. Hal ini memang sudah diklasifikasikan langsung oleh Allah Swt. Ada 5 hal penting Perpaduan Ideal urusan dunia dan Akherat yang dianjurkan oleh Allah terhadap manusia setelah melaksanakan ibadah (termasuk shalat Jumat), antara lain.
  1. Manusia diperintahkan untuk bergerak (intisar),
  2. Manusia diperintahkan untuk melakukan eksploitasi (istighlaal),
  3. Manusia diperintahkan untuk berinvestasi (istitsmar),
  4. Manusia diperintahkan untuk memiliki aturan atau manajemen (tandhim),
  5. Manusia diperintahkan untuk bergaul, bersosialisasi (Ta'amul)
Hal ini merupakan perpaduan urusan dunia dan akherat yang ideal bagi setiap manusia dalam menjalani kehidupan beragama. Sesuai dengan dalil dalam alquran.
“Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka betebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS Al Jumuah: 62 : 10).

Demikianlah sekilas tentang Perpaduan Ideal urusan dunia dan Akherat. Semoga dengan menetapi perintah Allah swt ini kita bisa menjadi sosok sukses; baik di dunia dan kelak di akherat. Amin :)

Artikel Terkait


Perpaduan Ideal Urusan Dunia dan Akherat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email