07 Oktober 2013

Taman Buku dan Taman Quran di Bandung

Taman Buku dan Taman Quran di Bandung merupakan dua buah rencana yang akan dibangun oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil (RK) selain 30 taman lainnya; semisal taman Persib, Taman Jurnalistik dan lain-lain. Hal tersebut diungkapkannya saat RK memberikan sambutan dibukanya Pameran Buku Bandung 2013 di Landmark Convention Hall, jalan Braga pada hari Rabu (02/10).

Poster Signature oleh RK menandai diresmikannya
Bandung sebagai kota Wisata Quran. (foto: republika)
Dalam sambutannya, RK menjelaskan seputar rencana Pemkot Bandung pada dua tahun mendatang; akan ada program yang tujuannya untuk mencerdaskan warga berupa pembangunan taman buku. Sebelum RK menjabat sebagai walikota Bandung, dirinya sudah pernah membuat perpustakaan keliling khusus bagi warga miskin.

Saat di masa kampanye RK membuat gerobak buku atau kereta dorong, pasalnya target pembaca adalah warga yang tinggal di gang-gang sempit. Apabila membuat perpustakaan menggunakan mobil atau motor tidak akan efektif menjangkau warga kumuh yang tinggal di gang sempit. Gerobak buku yang digagas kang Emil (sapaan akrab RK) disambut warga dengan sangat antusias.

Kini setelah menjabat sebagai walikota, muncul lagi gagasan baru, yaitu taman buku. RK begitu meyakinkan bahwa konsep taman buku sudah dirancang dan sudah ada pula gambarnya, "Pokoknya bagus sekali!" tegas RK.

Pada hari lain (05/10), di malam harinya, RK kembali hadir di Pameran Buku Bandung 2013. Kehadirannya malam itu sebagai pemberi sambutan sekaligus meresmikan soft-launching Program Wisata Quran di Bandung. Pencetus ide atau penggagas program wisata Quran di Bandung adalah CEO Sygma, Riza Zacharias. Malam itu pun Riza Zacharias mengisi talk show seputar gagasan Wisata Quran di Bandung.

Melengkapi rangkaian acara sebelum RK meresmikan Wisata Quran di Bandung, tampil pula Rachman selaku direktur Sygma memaparkan tentang pola belanja muslim di Indonesia yang sangat berpotensi sebagai target market bisnis di segala bidang islami.

Dalam sambutannya, RK memasukkan konsep taman Quran ke dalam rancangan taman tematik dalam rangka Bandung Juara. Sehingga Taman Quran sejajar dengan taman-taman lain yang sudah direncanakan pembangunannya oleh Pemkot Bandung. Sekitar pukul 22 hari Sabtu malam Minggu, RK meresmikan Seni Menggagas Bandung Juara sebagai Kota Wisata Quran. []

Artikel Terkait


Taman Buku dan Taman Quran di Bandung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email