11 Oktober 2013

Bahaya Kantong Keresek

Bahaya Kantong Keresek - Beberapa waktu yang lewat tersiar kabar bahwa pemerintah kabupaten Sleman - Jogyakarta mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan keresek hitam. Termasuk saat nanti melaksanakan Idul Adha, masyarakat Sleman dilarang untuk menggunakan keresek hitam saat dijadikan kantong untuk daging qurban.

Himbauan tersebut seiring dengan dikeluarkannya Public Warning dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang menyatakan untuk tidak menggunakan keresek hitam. Pasalnya, kantong keresek hitam termasuk plastik daur ulang. Plastik daur ulang memiliki bahan dasar campuran plastik dari berbagai jenis yang tidak diketahui darimana asal bahan plastik tersebut.

 photo Bahaya-Kantong-Keresek-dijadikan-kantong-untuk-daging-qurban_zps2878449b.jpg

BPOM melanjutkan, kalaupun tetap ingin menggunakan kantong keresek hitam, supaya dijadikan prioritas sekunder saja. Oleh karena kantong keresek hitam berbahan dasar campuran dari berbagai plastik serta tidak diketahui bahan darimana asalnya untuk itu dihimbau agar tidak menjadikan kantong keresek sebagai kemasan yang berhubungan langsung dengan bahan pangan.

Bahaya Kantong Keresek 

Terdapat banyak hal yang dikuatirkan dari penggunaan kantong keresek hitam. Bisa saja keresek hitam yang didaur ulang berasal dari kantong bekas kemasan obat kimia, pestisida atau pembungkus llimbah rumah sakit yang mengandung mikroorganisma dalam jumlah yang komplek atau bisa saja bekas pembungkus logam berat. Untuk itulah kantong keresek hitam sangat tidak direkomendasikan bila dijadikan kemasan baik untuk makanan padat atau cair.

Bahaya nyata dari penggunaan kantong keresek hitam mampu memicu kanker (bersifat karsinogenik). Zat-zat karsinogenik ditakutkan akan meresap ke dalam daging dan saat dikonsumsi, meskipun talah dimasak daging akan memicu penyakit kanker.

Oleh karena beberapa alasan kuat tersebut di atas pemerintah kabupaten Sleman, Jogyakarta melarang masyarakatnya untuk menggunakan kantong keresek hitam pada saat nanti melaksanakan penyembelihan dan pendistribusian daging hewan qurban. Pembaca baik di Bandung, Gresik, Kediri atau di mana pun Anda berada, sebaiknya memerhatikan informasi ini. [Sumber]

Artikel ini ditulis-ulang oleh  pemilik akun twitter @adetruna

Artikel Terkait


Bahaya Kantong Keresek
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email