01 September 2013

Seleksi Tilawatil Quran XXII di Bangka Belitung

Seleksi Tilawatil Quran XXII di Bangka Belitung

Di kabupaten Bangka Tengah, provinsi Bangka Belitung pada 22 hingga 30 Agustus diselenggarakan Seleksi Tilawatil Quran XXII. Acara ini dimulai secara resmi oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali. Seleksi Tilawatil Quran ini diikuti oleh 528 peserta yang terdiri dari qari serta qariah perwakilan 33 provinsi.
Seleksi Tilawatil Quran Bangka Belitung 2013


Apa yang dimaksud dengan Seleksi Tilawatil Quran?

STQ adalah sebuah ajang pemilihan qari serta qariah guna mewakili Indonesia di pelbagai kegiatan MTQ Internasional. STQ Nasional sendiri digelar setiap dua tahun sekali secara rutin. STQ melibatkan juri atau dewan hakim sebanyak 60 orang. Ada 3 (tiga) jenis lomba yang diselenggarakan ada STQ XXII di Babel, antara lain; membaca (tilawat), hafalan Alquran (hifdzil quran), dan tafsir Alquran.

Pesan Menteri Agama pada Ajang STQ Babel 2013

Menag, Suryadharma Ali berpesan, STQ jangan sampai hanya sebagai ajang lomba saja, namun STQ mampu menjadi cerminan kecintaan individu terhadap Alquran baik ilmu ataupun amalan. Dengan digelarnya ajang STQ diharapkan akan lahir generasi islam yang memiliki kefahaman dan kesadaran untuk mengamalkan kandungan Alquran.

STQ diharapkan mampu menjadi jembatan sebagai pengingat setiap umat Islam dalam menjalankan ibadah. Sehingga dengan memahami ilmu yang terkandung di dalam Alquran, setiap muslim menjadikan Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan baik secara individu ataupun dalam bermasyarakat. Akhirnya akan melahirkan insan-insan yang berkualitas, berkeadaban serta memiliki paradigma Islam rahmatan lil alamin.

Membaca dan Memahami Ayat Alquran

Lain lagi dengan apa yang disampaikan oleh wakil menteri Agama Nazaruddin Umar pada saat Seleksi Tilawatil Quran XXII di Bangka Belitung 2013. Wamenag menyebutkan dengan adanya ajang SQT diharapkan setiap muslim dapat membiasakan diri membaca dan memahami ayat-ayat yang terkandung dalam Alquran.

Kini umat Islam sudah waktunya untuk berani memegang Alquran, tidak perlu takut dinilai fundamentalis ataupun kolot. "Saya mengajak seluruh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Islam untuk maju bersama Alquran. Selama bersama Alquran, kalian akan menjadi orang hebat," seru Wamenag.


Demikian sekilas laporan tentang STQ Babel 2013. Artikel Seleksi Tilawatil Quran XXII di Bangka Belitung ini dipetik dari portal berita Republika Online.

Artikel Terkait


Seleksi Tilawatil Quran XXII di Bangka Belitung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email