29 Juli 2013

7 Cara Belajar Membaca Alquran Bersuara Merdu

Seringkali admin mendapat pertanyaan, "Bagaimana sih agar bisa bersuara merdu saat membaca Alquran?". Untuk menjawab hal ini kami akan memberikan contoh nyata yang dialami oleh seorang pelajar yang bernama Muchtar Nashir.

Lahir dan besar di lingkungan pembaca Alquran, Muchtar Nashir telah mengenal suara lantunan ayat-ayat suci Alquran sejak kecil. Dirinya pun mendapatkan tempaan dari orangtuanya sejak Muchtar Nashir masih berusia 3 tahun.

Memperoleh kepiawaian bersuara merdu saat melantunkan Alquran, Muchtar Nashir mengaku awalnya senang dengan suara kakaknya saat membaca Alquran, "Kakak saya, apabila melantunkan ayat-ayat Alquran sangat merdu dan indah. Saya menjadi senang karenanya ..." Semenjak itu, Muchtar Nashir mulai menjalankan cara-cara belajar membaca Alquran bersuara merdu.

Berikut ini Cara Belajar Membaca Alquran Bersuara Merdu a la Muchtar Nashir.
1) Menanamkan hobi mendengarkan dan membaca Alquran di dalam lingkungan keluarga.
Agar bisa menumbuhkan hobi membaca Alquran pada diri anak, maka perlu dukungan di lingkungan keluarga. Orangtua harus mulai membiasakan membaca Alquran dengan baik dan benar (tartil) di depan anak-anak, termasuk anggota keluarga lainnya, semisal kakak. Hal ini bisa memengaruhi orang lain di dalam keluarga sehingga tertarik untuk bisa melantunkan Alquran dengan tartil.

2) Perlu pendamping saat belajar membaca Alquran. 
Berdasarkan pengalaman, Muchtar Nashir di saat belajar membaca Alquran (iqra) selalu didampingi oleh sang ayah.

3) Belajar huruf-huruf dasar bahasa Arab.
Dibandingkan huruf-huruf lain, Muchtar Nashir lebih menyukai belajar sejak awal huruf-huruf dasar bahasa Arab.

4) Belajar variasi nada dalam melantunkan Alquran.
Setelah merasa menguasai huruf-huruf dasar bahasa Arab, Muchtar Nashir mulai memberanikan diri untuk belajar menguasai variasi nada dalam membaca Alquran.

5) Belajar membaca Alquran bersuara merdu dengan diulang-ulang selepas shalat Isya'.
Dengan didampingi sang ibu, Muchtar Nashir membiasakan belajar melantunkan ayat-ayat Alquran selepas shaat Isya'. Cara belajarnya dengan diulang-ulang, terus-menerus hingga dirinya benar-benar menguasai lantunan ayat Alquran tersebut.

6) Belajar mengatur nafas diafragma.
Saat masih kecil, Muchtar Nashir tidak kesulitan membaca Alquran dengan suara melengking serta nyaring. Tetapi setelah kini beranjak besar, sudah harus dimulai untuk belajar mengatur nafas diafragma sebab semakin tumbuh dewasa, Muchtar Nashir mengalami perubahan pita suara. Suaranya semakin berat.

7) Terus berlatih menguasai perubahan pita suara.
Muchtar Nashir menyadari semakin lama seiring pertumbuhan diri, mengalami perubahan pita suara yang memengaruhi pada lantunan. Untuk proses maintenance pita suara, Muchtar Nashir memiliki kiat-kiat khusus. Selain terus-menerus berlatih, dirinya menghindari beberapa makanan yang digoreng, makanan pedas, tidak merokok, kurangi meminum minuman bersoda, juga batasi mengkonsumsi air es.

Itulah 7 Cara Belajar Membaca Alquran Bersuara Merdu. Bagi pembaca yang ingin mengetahui sosok Muchtar Nashir, silakan kunjungi artikelnya di sini, ok? Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan seputar cara agar bisa memiliki suara merdu saat membaca Alquran, amin.