18 Juli 2013

5 Tips Menghafal Alquran Surat-Surat Pendek

Di bulan Ramadhan 1434 H. ini momentum menghafal Alquran diwarnai dengan hadirnya bocah fenomenal, Alvin Firmansyah. Apa pasal? Bagi pembaca yang belum tahu, Alvin adalah seorang bocah yang menguasai sebanyak 17 juz (mungkin saja saat ini sudah lebih dari 17 juz - red). Buah hati kebanggaan dari ustadz Firman ini tengah menjadi pembaca soal berupa ayat Alquran yang diujikan kepada peserta Hafidz Cilik Indonesia RCTI.

Berbicara soal hafidz, kini banyak dari muslim baik orangtua atau anak-anak yang berusaha agar bisa menguasai bacaan alias hafal Alquran seperti halnya Alvin Firmansyah. Lantas, bagaimana caranya agar bisa menjadi muslim yang hafidz atau memiliki keluarga besar yang semuanya hafidz -seperti halnya kisah nyata, "10 Bersaudara Bintang Alquran"?

Berikut ini akan coba Alquran Syaamil ketengahkan beberapa tips menghafal Alquran yang dimulai dengan surat-surat pendek. Silakan perhatikan uraian berikut.
Pertama, silakan memperbanyak mendengarkan murattal sebelum memulai menghafal Alquran. Mekanismenya, putarlah murattal baik dari kaset, CD (Compact Disc) atau bagi yang sudah memiliki e-Pen Miracle the Reference atau Miracle e-Pen The Guidance, putar saja murattal dalam format mp3 tersebut berulang-ulang. Atau di saat shalat Maghrib, Isya atau Subuh, cobalah mendengarkan bacaan para imam shalat secara khusyu'. Biasanya mereka (para imam shalat) sering membaca beberapa surat pendek di waktu shalat Maghrib, Isya serta Subuh. Begitu pun di saat seperti sekarang; pada saat shalat tarawih di bulan ramadhan, para imam shalat sering membaca surat-surat pendek.

Kedua, silakan pembaca memperbanyak bacaan beberapa surat pendek yang tengah menjadi target hafalan, tujuannya di saat memulai menghafalnya melatih lidah kita semakin trampil dengan beberapa ayat yang akan dihafalkan. Barulah setelah dirasa yakin kalau beberapa surat itu sudah hafal di luar, silakan berpindah ke surat selanjuttnya.

Ketiga, tidak boleh dilupaka untuk membaca beberapa surat yang sudah hafal tadi dengan meminta bantuan seorang teman yang memiliki bacaan atau hafalan Alquran lebih baik dari kita. Bisa pula meminta bantuan seorang guru tahfizh Alquran agar menyimak hafalan kita. Hal ini diperlukan guna menghindari kesalahan baca atau keliru saat menghafal.

Keempat, cobalah berusaha untuk melakukan pengulangan (muraja'ah) dengan kontinyu, serta bacalah hafalan kita di waktu melaksanakan shalat lima waktu bahkan di dalam shalat sunnah.

Kelima, cobalah berupaya untuk membaca hafalan berdasarkan urutan surat yang terdapat di dalam Alquran, sebagai cotoh; di saat membaca surat Al-Qari'ah, At-Takatsur dilanjutkan dengan membaca surat Al-'Ashr hingga surat An-Nas. Tujuan dari membaca hafalan Alquran secara berurutan agar kita menguasai dengan benar-benar hafal urutan bacaan yang sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam Alquran.

Itulah 5 Tips Menghafal Alquran Surat-Surat Pendek, yang kami sarikan kembali dari artikelnya ustadz Yusuf Mansur di sini. Nah, setelah menguasai surat-surat pendek secara keseluruhan (juz 30), cobalah untuk melanjutkan menghafal surar-surat panjang. Selamat menghafal Alquran dan menikmati sensasinya :)

Artikel Terkait


5 Tips Menghafal Alquran Surat-Surat Pendek
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email