Perlu bantuan tulisan untuk promosi event atau produk?
Hubungi kami via:
email: risyadsamawa[at]gmail.com
0857.2110.9590 (WhatsApp)
0896.5141.5992 (SMS) atau 753F7460 (BBM)

08 Juni 2013

Sejatinya Manusia Diciptakan untuk Beribadah

Manusia terlahir kedua ini atas kehendak Allah Swt., bukan karena keinginan diri sendiri. Wajar apabila manusia harus tunduk dan patuh terhadap aturan yang digariskan oleh Allah Swt. Dan Allah menciptakan manusia dengan satu tujuan, agar manusia beribadah kepada Allah.

Dalam artikel sebelumnya (BACA: Agama Adalah Nasehat) sudah disebutkan ayat Alquran yang mewajibkan manusia untuk beribadah setelah diciptakan.

﴾وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ﴿٥٦

Artinya: "Tidak semata-mata aku (Allah) ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah (beribadah) kepadaku."

Sejatinya Manusia Diciptakan untuk Beribadah - Dengan demikian manusia harus menyadari sepenuhnya bahwa ibadah menjadi tugas pokoknya dalam menjalankan hidup. Agar manusia bernilai tinggi di sisi Allah maka perbaikilah terus nilai ibadah kepada Allah Swt.

Ibadah merupakan bentuk penghambaan dari makhluk terhadap sang Khalik yang mekanismenya dengan cara menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala bentuk larangan-Nya. Untuk bisa diterima, dalam beribadah terdapat beberapa syarat utama, antara lain:
1) Didasari dengan Keimanan - Perhatikan ayat Alquran berikut yang berkaitan dengan ibadah dengan didasari dengan keimanan.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

//Man 'amila shaalihan min dzakarin au untsa wahuwa mu'minun falanuhyiyannahu hayaatan thai-yibatan walanajziyannahum ajrahum biahsani maa kaanuu ya'maluun(a).//

Artinya: "Barang siapa yang beramal shaleh baik laki-laki atau perempuan sedangkan dia dalam keimanan (mukmin), maka kami (Allah) akan memberikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan kami balas mereka dengan balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.".

2) Disertai dengan Keihklasan - Ikhlas merupakan ruh dari sebuah pengamalan, dengan ikhlas setiap amalan menjadi bernilai di hadapan Allah sehingga pengamalnya akan mendapatkan pahala yang besar di sisi-Nya (insya Allah). Dalam Alquran surat Al Bayyinah [98] ayat 5, disebutkan.

وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

//Wamaa umiruu ilaa liya'buduullaha mukhlishiina lahuddiina hunafaa-a wayuqiimuush-shalaata wayu'tuuzzakaata wadzalika diinul qai-yimat(i)//

Artinya: "Padahal mereka tidak diperintah, kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya, dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus."

4) Mengikuti Sunah Rasul - Amal shaleh atau melaksanakan ibadah wajib sesuai dengan syariat atau sunah Rasulullah Saw. Semua bentuk peribadatan Islam sudah termaktub di dalam Alquran dan Alhadits. Sebelumnya sudah ditayangkan artikel tentang Mengenalkan Alquran dan Alhadits kepada Anak-Anak - tentunya mengenal Alquran dan Alhadits berlaku juga bagi muslim dewasa. Yang perlu difahami dalam menjalankan ibadah, setiap pengamalnya tidak boleh menambah atau mengurangi.

5) Mengetahui Ilmunya (Cara Beribadah) - Setiap muslim yang mengerjakan ibadah jangan sampai sia-sia, maksudnya setiap ibadah yang tidak didasari atas ilmu maka akan percuma tidak akan dinilai oleh Allah Swt. Berdasarkan dalil di dalam Alquran,

وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

//Walaa taqfu maa laisa laka bihi 'ilmun innassam'a wal bashara wal fu'aada kullu uula-ika kaana 'anhu mas-uulaa//
Artinya: "Dan janganlah kamu mengikuti, apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya; sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung-jawaban-nya." – (QS.Al Isra' 17: 36)

Demikian sekilas tentang, "Sejatinya Manusia Diciptakan untuk Beribadah". Mudah-mudahan pemaparan di atas bisa diterima dan difahami serta sama-sama kita amalkan. Semoga Allah melimpahkan pahala bagi setiap niat baik hamba-Nya, amin. []

Facebook Comments

Google+ Badge

Tertarik Berlangganan Artikel dari Kami? Masukkan email jangan lupa di-verifikasi:

Delivered by FeedBurner


Yuk Ikuti Kami di G+