28 Juni 2013

Menghalau Rasa Malas Bekerja di Bulan Puasa

Setiap menjalani puasa pada bulan Ramadhan, terdapat sebuah permasalahan klasik yang seringkali muncul, malas bekerja. Memang beralasan sih di saat perut kita kosong kecenderungannya tubuh menjadi malas untuk bekerja. Taksaja malas, untuk bisa berpikir fokus atau konsentrasi takbisa bahkan berkurang. Apalagi perasaan ngantuk, lemas serta haus sudah takperlu lagi dipertanyakan :)

Lantas bagaimana kiat-kiat jitu menghilangkan rasa malas saat berpuasa di tempat kerja? berikut ini beberapa hal penting yang bisa dilakukan guna membangkitkan semangat saat berpuasa di hari kerja. Silakan perhatikan ...


Jangan pernah melewati waktu makan sahur - Makan sahur memang gampang-gampang susah, niat dalam hati ingin selalu makan sahur tapi pada kenyataannya seringkali orang lalai untuk makan sahur karena tidur pulas atau terbiasa bangun di penghujung waktu shalat subuh. Maka disarankan, sahurlah di akhir waktu sahur; waktu yang mendekati datangnya imsak. Caranya, bangunlah satu jam sebelum waktu imsak tiba, dan yang perlu diingat, pasca makan sahur jangan mencoba-coba untuk mengambil posisi tidur atau memang diniati tidur lagi - itu jangan! Justru tidur lagi setelah makan sahur akan membuat tubuh menjadi malas dan lemas di siang hari.

Jangan menyepelekan menu makan sahur Antum - Setiap sahur disarankan untuk memerhatikan menu yang akan disantap. Utamakanlah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ditambah makanan dan minuman yang mengandung protein serta kaya kalori; seperti madu, susu, dan kurma. Takboleh lupa untuk meminum air putih sebanyak mungkin. Dan di saat berbuka puasa agar memperbanyak memakan buah-buahan dan hindari meminum minuman dingin, sebaiknya ganti dengan teh manis hangat.

Jangan menghentikan aktifitas olahraga yang selama ini telah rutin dilakukan - Ini termasuk faktor penting, sebab aktifitas fisik masih dibutuhkan oleh tubuh seseorang di saat berpuasa. Dengan berolahraga di saat berpuasa akan membuat tubuh bugar. Pasalnya, berolahraga membuat peredaran darah menjadi lancar. Apabila muncul pertanyaan, kalau berolahraga nanti badan menjadi loyo, dong? Untuk itu, berolahraga yang ringan-ringan saja, semisal lari-lari kecil di tempat, atau cukup dengan berjalan kaki dengan durasi 10 hingga 15 menit saja - itu sudah lebih dari cukup.

Selama bulan puasa, olahraga yang biasa dilakukan di pagi hari, bisa dilakukan di malam hari atau sesudah berbuka puasa. Saran yang baik, berolahraga setelah satu jam berbuka. Sehabis sholat maghrib dan berdoa, barulah persiapkan segala sesuatunya dan lakukan olahraga.

Nah, apabila semua hal penting di atas dilakukan dengan disiplin, sangat besar harapannya Antum bisa menjaga kesehatan dan mampu "Menghalau Rasa Malas Bekerja di Bulan Puasa" yang berganti dengan semangat saat berpuasa di waktu jam kerja.

Ok ... Selamat menjalankan ibadah puasa dan salam olahraga! :D

Artikel Terkait


Menghalau Rasa Malas Bekerja di Bulan Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email