08 Juni 2013

Agama Adalah Nasehat

Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Addinu nasihatun ... Addinu nasihatun"; Agama adalah nasehat ... agama adalah nasehat. Nasehat diperlukan oleh seluruh muslim. Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk pelupa oleh karenanya perlu ada yang mengingatkan. Cara mengingatkan manusia sangat beragam. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Alquran surat An-Nahl: 125, "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah* dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.".


Setiap individu muslim adalah penyeru serta sahabat bagi individu lain. Dan salah satu kewaiban setipa individu adalah memberi nasehat kepada individu muslim lainnya dengan cara yang santun. Termasuk adab saat memberikan nasehat kepada sesama muslim yaitu dengan cara yang santun, hikmah, peringatan-peringatan yang baik, tidak terburu-buru dalam membuat hukum sesuatu, tidak emosi dan tanpa amarah.

Untuk itu setiap muslim perlu meningkatkan dirinya, mampu cermat serta cerdas dalam merangkum beragam nasehat yang penting guna meningkatkan kualitas ibadah sehari-hari, sebagaimana dalam Alquran surat Adz Dzariyaat [51]: 56 menyebutkan,

﴾وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ﴿٥٦

Artinya: "Tidak semata-mata aku (Allah) ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah (beribadah) kepadaku."


***Nasehat yang baik adalah nasehat yang mampu menyejukan; ibarat butiran embun yang menetes di pagi hari, nasehat bisa menyejukan dan nyaman. Setiap individu bisa menerima nasehat dengan senang dan melaksanakan dengan penuh keikhlasan.***

Dengan mampu merangkum setiap nasehat, setiap muslim juga akan cermat dalam meningkatkan kecintaan terhadap keluarga. Demikian sekilas tentang kajian Islam masalah Agama Adalah Nasehat. Semoga bisa menjadi bahan kita semua dalam menjalankan ibadah serta saling nasehat-menasehati sesama saudara muslim, amin.

-----------
*) Dalam Alquran Syaamil, Terjemah Tafsir Perkata dijelaskan maksud dari istilah hikmah, yaitu perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dan yang batil.

Artikel Terkait


Agama Adalah Nasehat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email