07 Mei 2013

Subhanallah ... Inilah Cara Kelelawar Pallas Menyedot Nektar

Bayangkan di hari yang panas, Anda merasa sangat haus dan ingin minum yang dingin-dingin. Lalu ada seseorang yang menawari minuman tersebut tapi memiliki syarat; harus diminum hanya menggunakan lidah serta tidak boleh menyentuh bibir gelas ... Nah lho?! Masalah bukan?

Lain halnya untuk beberapa hewan terbang, sebut saja lebah, kupu-kupu, kolibri dan kelelawar. Binatang tersebut diberikan kemampuan yang lebih khususnya masalah minum air dengan lidah. Allah Swt. telah merancang lidah jajaran binatang tersebut; mereka disaat meminum nektar pada suatu bunga selalu menggunakan lidahnya.

Dan lidah hewan peminum nektar yang paling rumit adalah kelelawar atau Pallas. Hewan ini banyak sekali populasinya di kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Panjang lidahnya rata-rata 2 inchi. Pada malam hari, Pallas menghabiskan waktunya dengan meminum nektar dari bunga ke bunga. Panjang lidah kelelawar Pallas dua kali lebih panjang dibandingkan kepalanya.


Subhanallah ... Inilah Cara Kelelawar Pallas Menyedot Nektar
Menurut Harper Cally seorang mahasiswa pascasarjana bidang ekologi dan biologi di Univeritas Brown menjelaskan dalam penelitiannya bahwa kelelawar hanya terbang beberapa detik saja di atas bunga corolla lantas mereka memasukan lidah panjangnya ke dalam lorong tabung bunga dan menghisap nektar menggunakan lidahnya.

Yang menjadi kerja berat bagi setiap penghisap nektar adalah saat meminumnya, karena harus secepat mungkin tapi meminum nektar sebanyak mungkin. Dan setiap melayang untuk menghisap nektar dari satu bunga saja membutuhkan energi ekstra bagi setiap peminumnya. Untuk itulah kelelawar Pallas memiliki keharusan mengunjungi banyak sekali bunga setiap malam.

Setelah dipindai menggunakan mikroskop,
inilah rambut yang terdapat pada lidah kelelawar 
Kebesaran Allah Swt. dibuktikan melalui mahakaryanya dalam hal ini bentuk lidah setiap peminum nektar. Kolibri lidahnya bercabang, fungsinya seperti pinset untuk yang bisa memutar saat meminum setiap tetesan cairan nektar. Kupu-kupu memiliki lidah yang fungsinya persis dengan sedotan dengan pori-pori di ujung lidahnya - saat meminum, nektar akan mengalir melalui pori-pori dan masuk ke dalam tabung pada lidahnya.

Dengan menggunakan alat perekam video berkecapatan tinggi, Harper Cally ditemani oleh Beth Brainerd,seorang spesialis bidang biomekanik dan morfologi evolusi telah berhasil merekam proses bagaimana seekor kelelawar Pallas meminum nektar pada bunga.

Dalam video tersebut telah terekam dengan sangat detil bagaimana lidanya sedikit tertutup oleh rambut yang terlihat saat kelelawar mengulurkan lidahnya saat meminum nektar. Di saat kelelawar menjulurkan lidahnya dan terbentang dengan maksimal saat itu rambut-rambut pada lidahnya akan berdiri tegak. Dan setelah rambut pada lidahnya berdiri tegak maka akan terbentuk ruang yang dibuat antara masing-masing baris rambut di ujung lidah. Dan nektar dimuat ke masing-masing ruang.

Gambar ini ditangkap dengan kecepatan tinggi - Aksi kelelawar
saat menyedot nektar dari sebuah bunga
Itulah sekilas tentang Subhanallah ... Inilah Cara Kelelawar Pallas Menyedot Nektar - binatang lain yang juga memiliki rambut pada lidahnya adalah lebah dan kucing. Tetapi rambutnya tidak memiliki kelebihan seperti halnya lidah kelelawar. Yang terakhir, lidah manusia bisa jadi tidak seistimewa lidah kelelawar bisa menyedot air menggunakan lidahnya. Tetapi dengan lidah manusia bisa mengecap rasa setiap makanan yang dimakan serta bisa berbicara untuk setiap kata yang diucapkan. Bersyukurlah menjadi manusia yang sempurna ;) | Sumber: http://www.npr.org

Artikel Terkait


Subhanallah ... Inilah Cara Kelelawar Pallas Menyedot Nektar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email