26 April 2013

Alvin: Hafidz (ayat dan terjemahan) Alquran 17 Juz

Ada yang berbeda dari Pengajian bulanan pada hari Kamis pagi kemarin (25/04). Pasalnya, yang berada di depan audiens--yang terdiri dari seluruh karyawan beserta jajaran top manajemen termasuk direktur utama, Riza Zacharia--adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun.

Anak itu bernama Alvin Firmansyah, ditemani oleh ayahanda Ustadz Firman telah datang jauh-jauh dari Bogor untuk mengisi pengajian pagi itu. Ustadz Firman membuka acara dengan memberikan gambaran-gambaran pentingnya menempa anak dengan pendidikan Islam hingga mampu menghafal alquran.

Beliau (Ust. Firman) menjelaskan bagaimana dalam surat Luqman ayat 12, Allah telah memberikan hikmah kepada nabi Luqman di saat masih kecil. Begitu juga dalam surat Maryam ayat 12, Allah telah memberi hikmah kepada nabi Yahya untuk menjaga (hafal) kitab Taurat ketika dirinya (Yahya) masih kecil. Atas dasar ayat ini, ustadz Firman terdorong untuk memberi hikmah kepada anak-anaknya, khususnya Avin untuk menghafal Alquran baik ayat dan terjemahannya.


Alhamdulillah upaya sang ayah berhasil dengan memiliki anak yang hafidz alquran. Saat ini Alvin telah menguasai 17 juz, usianya baru 10 tahun. Dengan mengambil tema, “Bedah Surat Albaqarah” pengajian pagi itu diisi dengan demo hafalan alquran yang dikuasai oleh Alvin.

Acara berlangsung dengan interaktif, sesuai dengan ajakan sang ayah - audiens agar tidak ragu-ragu untuk menguji Alvin dengan pertanyaan apapun sepanjang berhubungan dengan surat Albaqarah. Benar saja, ada yang meminta Alvin untuk melantunkan ayat terpanjang (Albaqarah 282), ada pula yang meminta Alvin untuk melanjutkan ayat yang dibaca terlebih dahulu oleh penanya, termasuk jumlah pengulangan kata; seperti lafadz Yaa Ayyuhal Ladzina Aamanu (terdapat 11 pengulangan kata).

Dari audiens rupanya ada yang sudah memahami keseharian Alvin - menurutnya, Alvin adalah anak kecil sebagaimana anak-anak pada umumnya, termasuk hobi menerbangkan layang-layang. Hanya saja, yang membedakan Alvin dengan anak-anak lain, yaitu manajemen waktu dan disiplin. Kedua hal inilah yang menjadi modal utama orangtuanya dalam mendidik agar Alvin menjadi seorang penghafal alquran (hafidz).

Saat ini masih 17 juz, insya Allah perjuangan baik ayah dan anak ini tidak berhenti sampai di situ saja, mereka akan terus berjuang mewujudkan cita-cita hingga Alvin mengkhatamkan dan bisa hafidz 30 juz baik ayat dan terjemahannya, amin yaa Rabb ...