06 Februari 2013

Anjuran dan Larangan bagi Muslimah yang Haid (Bag. 1)

Setiap muslimah di saat mengalami premenstrual syndrome atau PMS akan mengalami kondisi tubuh tidak fit yang bisa mengganggu aktivitas. Yang seringkali terjadi pada muslimah yang tengah haid adalah pusing, lemas, nyeri di perut bagian bawah, pegal-pegal pada pinggang, bahkan takjarang sebagian muslimah merasa takberdaya untuk beraktifitas saat mengalami PMS.

Anjuran dan Larangan bagi Muslimah yang Haid (Bag. 1)

Selain berolahraga, muslimah bisa melakukan upaya-upaya lain agar bisa meminimalisasi rasa sakit saat haid, semisal mengatur pola makan, dan cermat memilih bahan makanan yang akan dimasak. Berikut ini uraian beberapa upaya cermat memilih bahan asupan makanan yang mampu meredam rasa nyeri.
Memperbanyak minum air putih - Muslimah yang tengah haid dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Sebaliknya, hindarilah minum air gula, kopi, cokelat, dan es secara berlebihan. Khususnya es, sifat dinginnya apabila masuk dalam tubuh menjadi tidak baik untuk aliran darah. Maka minumlah air putih hangat.

Memperbanyak asupan berserat - Keluhan muslimah yang sedang haid bisa dikurangi dengan cara memperbanyak asupan berserat semisal nanas. Contoh keluhan yang umum terjadi adalah muslimah mengalami kram ketika haid. Nanas mengandung bromelaine yang fungsinya membantu relaksasi otot sehingga rasa nyeri dalam rahim pun bisa dihindari. Tips yang paling mudah, buatlah nanas menjadi jus. Selain nanas, asupan serat lainnya adalah lobak sebab lobak kaya akan vitamin E dan C yang dapat mengurangi peradangan. Selain vitamin, sayuran lobak juga mengandung banyak kalsium dan mineral yang bisa meredakan gejala menstruasi. Solusi lain saat terjadi kram adalah dengan mengonsumsi omega-3, karena lemak jenuhnya akan diganti dengan lemak sehat.

Mengonsumsi zat besi - Di saat haid muslimah dapat kehilangan 12 hingga 15 miligram elemen zat besi. Karena itu, saat haid perlu sekali bagi muslimah yang mengalaminya untuk minum vitamin penambah darah. Selain itu, kebutuhan lainnya adalah mengonsumsi cukup makanan yang mengandung zat besi. Beberapa makanan yang mengandung zat besi antara lain; daging sapi, daging kambing, ayam, ikan tuna, telur serta sayuran yang berwarna hijau.

Saat haid, muslimah tidak boleh melaksanakan beberapa amal ibadah....bersambung.

Artikel Terkait


Anjuran dan Larangan bagi Muslimah yang Haid (Bag. 1)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email