05 Januari 2013

Pendidikan Karakter atau Akhlak

Alquran diturunkan untuk membimbing umat manusia menjalankan hidup dengan berkualitas dan tentunya dapat lebih mulia. Adapun cara yang ditempuh agar bisa berhasil mencapai kualitas hidup dengan baik dan mulia adalah dengan mengembangkan pendidikan.
Dalam hadits riwayat Imam Muslim, dari Aisyah RA., "Sesungguhnya akhlak Rasulullah SAW adalah Alquran". 
Akhlak atau pendidikan karakter merupakan fenomena kultur paling tua dalam sejarah kehidupan manusia. Semenjak manusia pertama, Adam dan Hawa - pendidikan karakter (Akhlak) sudah eksis, selama di surga keduanya sudah ditempa dengan pelajaran akhlak langsung dari Allah SWT.

Pendidikan Karakter atau Akhlak

Contoh Pendidikan Karakter atau Akhlak yang telah Allah berikan kepada pasangan Adam dan Hawa adalah pendidikan mengenal hal-hal yang baik yang harus dikerjakan dan hal-hal buruk yang harus ditinggalkan. Termasuk dilatih berkomitmen dan memiliki jiwa integritas yang senantiasa wajib untuk dijaga.

Takjarang diantara Pembaca masih ada yang bertanya, "Apa itu Pendidikan Karakter atau Akhlak? Ada beberapa penjelasan yang disampaikan oleh pakar pendidikan, seperti menurut beberapa pakar berikut ini.

T. Ramli (2003), pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral serta pendidikan akhlak. Dengan tujuan membentuk kepribadian seseorang agar menjadi manusia yang baik. Atau menjadi individu yang berbudi luhur yang senantiasa mempersembahkan yang terbaik untuk Tuhannya, diri sendiri, sesama, lingkungan, bangsa dan negara, dan umumnya untuk dunia secara menyeluruh.

Menurut David Elkind dan Freddy Sweet Ph.D (2004), menjelaskan secara tertulis, "Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membuat seseorang faham, peduli, dan berbuat sesuai dengan nilai etika. Di saat pembaca berpikir tentang macam karakter yang diinginkan untuk sang buah hati, tentunya pembaca ingin mereka untuk bisa menilai mana hal yang benar, peduli dengan mana yang benar serta mengerjakan sesuatu yang mereka yakini itu benar, dan dalam menjalankan semua itu sang buah hati dihadapkan dengan tekanan dari luar dan godaan dari dalam."

Sejatinya, pendidikan karakter atau akhlak dikembangkan dari karakter dasar manusia dan fitrah yang bersumber dari nilai moral universal atau disebut juga dengan The Golden Rule yang sifatnya absolut. Beberapa ahli psikologi menjelaskan nilai karakter dasar atau the golden rule tersebut antara lain;

  1. cinta kepada Allah, 
  2. harmonis dengan alam beserta isinya, 
  3. memiliki jiwa pemimpin (leadership), 
  4. bertanggungjawab (responsibilty), 
  5. jujur, 
  6. bersikap hormat, 
  7. suka menghargai, 
  8. santun, 
  9. kasih sayang, 
  10. peduli, 
  11. suka bekerjasama, 
  12. percaya diri, 
  13. kreatif, 
  14. kerja keras, 
  15. pantang menyerah, 
  16. rendah hati, 
  17. toleransi, 
  18. cinta damai, 
  19. dapat dipercaya, 
  20. berani, 
  21. tekun, 
  22. disiplin, 
  23. visioner, 
  24. adil, dan 
  25. memiliki integritas.
Itulah sekilas artikel tentang, "Pendidikan Karakter atau Akhlak" yang kami petik dari majalah Noor edisi 09/2012. Mudah-mudahan dengan artikel pendidikan karakter ini bisa berguna untuk semua pembaca.

Foto: Blog LDII

Artikel Terkait


Pendidikan Karakter atau Akhlak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email