16 Januari 2013

Cara Membersihkan Wadah yang Dijilati Anjing.

Inilah hadits tentang Cara Membersihkan Wadah yang Dijilati Anjing.

  1. Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Bersihkanlah wadah atau bejana kalian yang telah dijilati oleh anjing dengan mencucinya sebanyak tujuh kali dan salah satunya dengan debu”. 
  2. Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Apabila anjing menjilat salah satu wadah milikmu, maka hendaklah membuang isinya dan cucilah sebanyak tujuh kali”.


Penjelasan dua hadits di atas, nampak jelas alangkah pentingnya membuang isi dari wadah yang telah dijilat oleh anjing, kemudian membersihkan wadah tersebut dengan mencucinya sebanyak tujuh kali dan salah satunya dengan debu.

Secara ilmiah dijelaskan oleh para ahli kesehatan bahwa dalam air liur seekor anjing mengandung beberapa bakteri serta virus, dan cara membersihkan wadah yang dijilati oleh anjing sudah jauh-jauh hari disabdakan oleh Rasulullah saw., yaitu dengan cara membersihkannya beberapa kali dan satu kali dengan tanah. 

Kenapa harus dengan tanah? 
Beberapa pakar ilmu telah menemukan adanya desinfektan pada tanah. Tanah mengandung beberapa bahan yang apabila dicampur dengan bakteri serta kuman, reaksinya kuman atau bakteri akan musnah dengan cepat. Lalu, liur anjing yang membawa bahan patogen bagi manusia tidak dapat dihilangkan kecuali dengan tanah.

Kita bisa melihat melalui hadits di atas bahwa Nabi telah memberikan isyaratnya. Sedangkan penemuan ilmiahnya setelah masa berjalan separuh abad kedua puluh. Pembaca, ketahuilah Rasulullah saw. memperoleh pengetahuan senantiasa atas ijin serta memperoleh pengajaran langsung dari Allah SWT.

Itulah sekilas tentang, cara membersihkan wadah yang telah dijilati oleh anjing. Semoga bisa menambah wawasan saudara muslim semua :) | sumber artikel dan foto: Islampos

Artikel Terkait


Cara Membersihkan Wadah yang Dijilati Anjing.
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email