12 Januari 2013

Bersedekah Menjadikan Diri Kaya

“Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dilipatkan oleh-Nya sebesar gunung, maka bersedekahlah.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Sebuah keluarga tengah dilanda perasaan galau, gundah-gulana. Harta benda mereka berlimpah namun ternyata tidak membuat mereka merasa bahagia. Sebaliknya, hati mereka selalu dihinggapi perasaan gelisah.


Akhirnya, keluarga muslim inipun mengambil keputusan yang terbilang cukup nekad. Mereka memutuskan untuk menghibahkan hampir semua hartanya untuk disedekahkan di jalan Allah (fii Sabilillah). Tujuan mereka hanya satu, mereka ingin hidup tenang dan tidak terbelenggu dengan nikmat duniawi.

Singkatnya, mobil dan beberapa harta berharga lain mereka jual dan mereka sedekahkan. Mereka sangat yakin keluarganya takkan kelaparan, pasalnya mereka yakin Allah Swt. pasti akan memberikan jalan terbaik. Selanjutnya, harta yang mereka miliki bukannya berkurang, apalagi menjadi miskin, setelah bersedekah, suami-istri itu malah bertambah kaya. Hartanya bertambah, berlipat-lipat!

Kini mereka mempunyai dua perusahaan besar. Perusahaan yang dulu dijual untuk disedekahkan, seakan-akan digantikan dengan dua perusahaan yang jauh lebih besar, Subhanallah ...

Ini sebuah kisah nyata suami-istri –yang menolak disebut namanya. Dan ini hanyalah satu dari sekian kisah nyata hikmah dan berkah sedekah.

Masih banyak kisah tentang sedekah dan semua memberi petunjuk bahwa sedekah mengundah berkah –bertambahnya rezeki, kemuliaan, dan ketenangan jiwa. Jika pembaca mencoba meng-Google-ing-nya, dengan kata kunci atau keyword “sedekah”, maka akan bermunculan ribuan tulisan berisi testimoni atau pengalaman nyata keberkahan sedekah.

Dalam beberapa keterangan yang tertulis dalam Alquran, Allah memang menjanjikan “pahala berlipat” bagi setiap individu yang melakukan sedekah, memberikan sebagian hartanya di jalan Allah, membantu kaum dhuafa, fakirmiskin, dan mendukung syiar dakwah dan jihad fi sabilillah.

Dalam QS. Al-Hadid:18, Sedekah disebut-Nya sebagai “pinjaman yang baik” dan pembayarannya berlipat ganda. Takhanya itu, bebberapa ayat dan hadits lain pun mengindikasikan bahwa sedekah tidak hanya mengundang rezeki lebih banyak dan berkah, tapi juga membuat seseorang terhindar dari bencana, kematian yang buruk, serta menjadi syafaat di akhirat kelak.

Sedekah dalam bahasa Arab: shodaqoh, shidqah berarti memberikan sesuatu yang menyenangkan kepada orang lain secara sukarela (ikhlas) tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Secara bahasa, shadaqah berasal dari kata shidq yang berarti “benar”.

Esensi dari artikel kali ini Alquran-Syaamil ingin menggaris-bawahi, bahwa sedekah sangat nyata bisa mendatangkan rezeki hingga berlipat-ganda, menjadikan diri kita kaya. hari ini pembaca dan siapa saja wajib meyakini bahwa Allah Maha Kuasa dan Allah Maha Benar dengan segala firman-Nya.| foto

[Giving Insight, edisi Mei - Juni 2012]

Artikel Terkait


Bersedekah Menjadikan Diri Kaya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email