09 Desember 2012

Kurma: Menurut Hadits dan Medis

Menurut Hadits
Kurma merupakan buah yang rasanya manis dan telah lama di kenal oleh masyarakat Islam. Sejak zaman Rasulullah saw, kurma dianggap buah yang menyehatkan. Seperti disebutkan oleh hadits berikut ini.

Kurma: Menurut Hadits dan Medis

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, penghuninya akan kurang sehat”.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Berilah makanan kurma pada wanita yang tengah hamil sebelum dia melahirkan, sebab yang demikian itu akan menyebabkan anaknya menjadi seorang yang tabah dan bertakwa (bersih hatinya)”.

Menurut Medis
Bagi kesehatan kurma pun memiliki khasiat yang tinggi. Antara lain; mampu mengobati sembelit atau sulit BAB, buah kurma memiliki efek laksatif, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar. Prakteknya, ambil buah kurma secukupnya kemudian rendam dalam cangkir yang berisi air putih lalu diamkan hingga esok hari. Esoknya, minumlah air rendaman kurma tersebut.

Takhanya wortel, untuk mata agar senantiasa tetap sehat, seseorang bisa mengkonsumsi buah bertekstur lembut ini. Pasalnya, buah kurma kaya akan kandungan vitamin A dan juga memiliki sifat antioksidan. Sesuai dengan hadits tersebut di atas, bagi ibu hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma. Menurut penjelasan koran fesbuk, buah kurma kaya akan fosfor, mangan dan selenium yang merupakan mineral penting bagi pertumbuhan janin. Kurma merupakan sumber zat besi. Selama hamil jika mengkonsumsi ini akan meningkatkan hemoglobin ibu hamil. 

Demikian artikel singkat tentang, “Kurma: Menurut Hadits dan Medis” semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi semua pembaca alquran-syaamil :)

Artikel Terkait


Kurma: Menurut Hadits dan Medis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email