18 November 2012

Surat Keputusan Bersama Menandai Islam Resmi di Hamburg

Alhamdulillah Hamburg Akui Islam Agama Resmi, begitu headline yang tertulis di portal Republika seputar peresmian agama Islam di kota Hamburg. Negara bagian Jerman ini mengakui agama Islam menjadi agama resmi langsung diresmikan oleh walikota Hamburg Olaf Scholz. Organisasi muslim yang menyertai saat peresmian Islam sebagai di Hambrug, antara lain; Syura, DITIB dan VIKZ, ketiganya turut menandatangani surat keputusan bersama.


Dalam surat keputusan bersama peresmian agama Islam di Hamburg tertuang tentang hak dan kewajiban umat Islam yang populasi sudah mencapai 130.000 orang. Scholz berpendapat, bahwa penandatangan ini merupakan tonggak sejarah bagi kota Hamburg.

Di dalam peresmiannya, terdapat pula kesepakatan bahwa kota Jerman secara resmi mengakui hari libur Islam sehingga pekerja dan pelajar Muslim diberikan kebebasan untuk merayakan hari-hari besar Islam di rumah.

Umat Islam di Hamburg pun akan diberikan hak untuk melaksanakan penguburan sesuai dengan syariat Islam, bahkan siswa Muslim akan mendapatkan pelajaran tentang Islam di tempatnya belajar.

Komunitas Muslim di sana juga menyepakati untuk mengakui nilai-nilai dasar konstitusi guna menunjukkan rasa hormat kepada cara pandang agama dan politik lainnya. Hari ini kota Hamburg telah menjadi model bagi negara bagian lainnya yang mengakui agama Islam secara resmi di samping beberapa agama lainnya. ALhamdulillah ... [Sumber]

*Peta Hamburg dari Google.

Artikel Terkait


Surat Keputusan Bersama Menandai Islam Resmi di Hamburg
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email